Terkena Vitiligo, Wajah Wanita Ini Seperti Pakai Topeng

Photo source: SWNS

DokterSehat.Com– Denise Chamberlain menderita vitiligo, penyakit yang membuat kulit pada tubuhnya kehilangan pigmen dengan signifikan. Kondisi ini membuatnya mengalami perbedaan warna kulit yang sangat kontras, termasuk pada wajahnya.

Photo Source: SWNS

Dikutip dari Fox News, Denise pertama kali menemukan ada bintik putih pada kulitnya saat usianya baru 10 tahun. Wanita berkulit gelap ini tidak menyangka jika bintik putih ini adalah awal dari hilangnya pigmen pada sebagian kulit tubuhnya.

Bertahun-tahun kemudian, kondisi ini menyebar ke hampir seluruh tubuh. Kini, wajahnya bahkan separuh cokelat dan separuh putih sehingga membuatnya terlihat seperti memakai topeng.

Wanita yang kini berusia 42 tahun ini mengaku kehilangan kepercayaan diri saat usianya masih muda akibat dari perbedaan warna kulit yang kontras. Ia mengaku tak lagi berenang sejak usia 11 tahun dan terus-menerus memakai make-up tebal demi menutupi bintik-bintik putih pada wajahnya setiap hari.

Menurut Mayo Clinic, vitiligo terjadi saat sel-sel yang memproduksi pigmen atau melanosit berhenti memproduksi melanin. Padahal, pigmen inilah yang menentukan warna dari kulit, mata, dan rambut kita. Meskipun ada terapi yang bisa membantu mengembalikan warna kulit yang terimbas vitiligo, sayangnya terapi ini tidak akan mampu mencegah hilangnya warna kulit tersebut.

Kini, wanita yang berasal dari Indiana, Amerika Serikat ini memilih untuk tak lagi memakai make-up. Meski kerap dianggap memiliki penampilan yang aneh, Ia menganggap yang dilakukannya ini seperti hidup dalam kepalsuan dan tidak menerima dirinya sendiri.

Setelah mengikuti perkumpulan yang mendukung para pasien vitiligo, seorang gadis kecil dengan masalah kesehatan yang sama memintanya untuk menghapus semua make-up yang Ia kenakan dan menerima kondisinya apa adanya. Sejak saat itulah Ia justru merasa lebih tenang dan nyaman dengan penampilan kulitnya.

Sungguh kisah yang luar biasa, ya.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik