Terkena Usus Buntu, John Mayer Dilarikan ke Rumah Sakit

DokterSehat.Com– Penyanyi terkemuka dari Amerika Serikat, John Mayer, dikabarkan harus dilarikan ke rumah sakit karena menderita usus buntu. Penyakit ini sudah cukup akrab bagi masyarakat Indonesia, khususnya dalam hal kemampuannya dalam membuat penderitanya mengalami rasa nyeri pada perut yang luar biasa. Bahkan, usus buntu dikenal sebagai penyakit yang harus segera ditangani dengan operasi agar tidak menjadi semakin parah. Sebenarnya, seperti apakah tanda-tanda dari penyakit ini?

john-mayer-radang-usus-buntu-doktersehat

Photo Credit: flickr/ Ashley Owens

Pakar kesehatan menyebut radang usus buntu atau apendisitis sebagai peradangan yang terjadi pada bagian apendiks, semacam jaringan dengan bentuk tabung dengan panjang 9 cm yang sebenarnya adalah perpanjangan dari usus besar. Apendiks ini memiliki peran besar dalam menjaga daya tahan atau imunitas pada perut. Namun, sebenarnya kita juga masih bisa hidup meskipun tidak memiliki usus buntu ini.

Jika mengalami peradangan, maka usus buntu ini harus segera diangkat melalui prosedur operasi karena jika tidak segera dilakukan, usus buntu bisa pecah dan cairan usus akan keluar dan memicu masalah kesehatan yang jauh lebih serius.

Kasus radang usus buntu sendiri termasuk sering terjadi di Indonesia. Mereka yang berusia antara 10 hingga 30 tahun cenderung lebih rentan untuk terkena masalah kesehatan ini. Di Amerika Serikat, 1 dari 20 orang setidaknya pernah mengalami radang usus buntu ini.

Ada banyak penyebab dari radang usus buntu ini. Namun, seringkali hal ini disebabkan oleh penyumbatan pada usus buntu oleh benda asing, tinja, atau adanya kanker. Tak hanya itu, hal ini juga bisa disebabkan oleh infeksi dan pembengkakan pada usus buntu ini sebenarnya adalah respons dari adanya infeksi tersebut.

Jika anda mengalami sensasi nyeri pada bagian pusar atau pada perut bawah bagian kanan, maka bisa jadi hal ini adalah tanda dari usus buntu. Penderita penyakit ini juga akan mengalami penurunan selera makan, kerap mual dan muntah-muntah, demam, dan susah untuk buang angin. Selain itu, tanda-tanda radang usus buntu lain yang harus diwaspadai adalah kram yang sangat parah, diare, atau konstipasi.