Terkena Tindihan Saat Tidur? Bisa Jadi Anda Sedang Stress

DokterSehat.Com– Tindihan atau dalam dunia medis disebut sebagai sleep paralysis adalah kondisi dimana kita mengalami gangguan tidur yang bisa membuat kita seakan-akan terjebak dalam kondisi antara sadar dan tidak sadar. Banyak orang yang mengaku merasa ketakutan saat terkena tindihan ini dan mengaitkannya dengan hal-hal yang berbau mistis. Namun, para peneliti dari Goldsmiths University of London berhasil menemukan penyebab dari tindihan ini, yakni stress atau post traumatic stress disorder (PTSD).

tidur-tertindih-sleep-paralysis-doktersehat

Photo Credit: youthkiawaaz

Fakta ini didapatkan setelah para peneliti mengecek kembali 42 hasil penelitian terdahulu yang berasal dari berbagai jurnal ilmiah. Setelah membandingkan frekuensi tindihan dengan hal-hal lain layaknya pendapatan, umur seseorang, jenis kelamin, pola makan, kebiasaan mengkonsumsi kafein, faktor genetik, hingga tingkat stress, disebutkan bahwa mereka yang cenderung kurang tidur, khususnya yang terbiasa tidur kurang dari 6 jam setiap malamnya, kerap mengalami tindihan.

Hanya saja, mereka yang kerap tidur siang atau tidur hingga lebih dari 9 jam dalam sehari ternyata juga kerap mengalami hal yang sama. Hal ini membuat para peneliti kemudian meninjau kembali data-data yang anda dan menemukan bahwa tindihan ini sepertinya terkait dengan kondisi PTSD.

Dalam penelitian yang kemudian dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul Sleep Medicine Reviews ini, disebutkan bahwa mereka yang mengalami stress atau kecemasan sosial cenderung lebih mudah terkena tindihan saat tidur. Hanya saja, para peneliti juga belum memastikan apakah tindihan atau gangguan tidur lainnya inilah yang justru memicu datangnya stress ini.

Dr. Rimawati Tedjakusuma, SpS, RPSGT dari Rumah Sakit Medistra menyebutkan bahwa tindihan tidaklah berbahaya bagi kesehatan. Seharusnya, jika kita tetap tenang, tubuh akan bisa digerakkan kembali setelah beberapa detik. Sebaliknya, jika kita semakin takut, gejalaini bisa menjadi semakin memburuk. Dalam beberapa kasus, tindihan juga bisa muncul pada mereka yang kerap terkena sleep apnea saat tidur.