Terkena Sindrom Bau Ikan, Wanita Ini Memiliki Bau Badan yang Sangat Amis

DokterSehat.Com – Wanita berusia 36 tahun bernama Kelly Fidoe-White ini mengalami masalah kesehatan yang sangat langka. Bagaimana tidak, Ia terkena sindrom bau ikan yang membuatnya memiliki bau badan yang sangat amis. Gara-gara bau badannya yang luar biasa ini, teman-teman kerjanya merasa terganggu sehingga akhirnya kini Ia pun harus bekerja shift malam.

doktersehat-Kelly Fidoe-White

Photo Credit: Facebook/ Kelly Fidoe-White

Di dalam dunia medis, sindrom bau ikan atau fish odour syndrome ini disebut sebagai trimethylaminuria. Kelly sendiri sudah terkena sindrom ini sejak kecil sehingga saat dulu bersekolah, Ia sudah terbiasa dengan ejekan dan bullying dari teman-temannya. Gara-gara bau badannya yang amis dan menyengat, Kelly pun harus mandi empat kali dalam sehari dan setidaknya dua kali berganti pakaian. Selain itu, Ia juga terpaksa menggunakan deodoran di seluruh tubuhnya demi menutupi bau ini. Sayangnya, semua hal yang Ia lakukan ini tak mampu menahan bau badannya yang sangat menyengat.

Kelly sendiri bekerja sebagai radiographer CT/MR pada Royal Oldham Hospital di Inggris. Di tempat kerjanya ini, Ia banyak menerima keluhan dari rekan-rekannya. Agar tidak terlalu banyak orang yang terganggu oleh bau badannya inilah, Ia akhirnya memilih untuk bekerja shift malam.

Menurut pakar kesehatan, sindrom bau ikan yang dialami oleh Kelly ini terjadi karena tubuhnya tidak mampu memecah senyawa dalam makanan yang bernama kolin. Karena hal ini, tubuhnya mengeluarkan bau yang sangat menyengat dari keringat, nafas, hingga air seninya. Yang mengenaskan adalah, andai Kelly memakai deodoran dengan berlebihan atau mandi terlalu sering, kulitnya justru bereaksi dan bisa membuat bau badannya menjadi jauh lebih menyengat. Ia pun harus menggunakan sabun mandi khusus dan mengkonsumsi obat khusus demi mendukung tubuhnya dalam memecah kolin.

Beruntung, rekan-rekan kerja shift malamnya di rumah sakit bisa mengerti kondisi yang dialami oleh Kelly. Mereka hanya perlu berkomunikasi dengan Kelly saat merasa terganggu sehingga Kelly bisa menyegarkan diri sejenak agar baunya tak lagi menyengat. Kini, Kelly pun berharap ada pengobatan yang bisa menghilangkan bau badannya yang luar biasa ini.