Terkena Sinar Matahari Sangatlah Baik Bagi Tubuh

DokterSehat.Com – Kita tinggal di negara yang kaya sinar matahari. Sepanjang tahun, sinar matahari nan hangat memberikan banyak kebaikan layaknya vitamin D yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Sayangnya, dikarenakan sinar matahari yang terasa sangat menyengat meskipun di pagi hari, banyak orang yang justru memilih untuk menghindari sinar matahari sebisa mungkin. Berikut adalah beberapa kebaikan yang dibawa oleh sinar matahari sehingga ada baiknya kita menyempatkan waktu untuk “berjemur” mendapatkan sinar matahari setiap hari.

shutterstock_245827459 copy

Sinar matahari pagi akan mampu membuat tubuh kita memproduksi vitamin D yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Rasakan sinar matahari pagi yang hangat setidaknya 15 hingga 20 menit per hari untuk mendapatkan manfaat ini sehingga tubuh pun bisa menjadi lebih sehat. Selain hanya diam berjemur, kita juga bisa memanfaatkan kegiatan berjemur sinar matahari ini dengan aktifitas ringan yang bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat. Selain bagi tubuh, mata juga bisa mendapatkan faedah dari sinar matahari. Cahaya alaminya akan diserap oleh retina mata dan akan disalurkan saraf optik ke bagian otak yang disebut hipotalamus, kelenjar pituari, dan juga kelenjar pineal. Aktifitas ini akan membuat neurotransmitter yang mengendalikan sistem hormon, metabolisme, reproduksi, dan juga jam biologis yang disebut sebagai ritem circadian menjadi lebih aktif dan lebih sehat.

Sinar matahari akan sangat baik dalam membuat hormon serotonin dalam tubuh semakin meningkat sehingga anda pun akan lebih bisa fokus dan bugar dalam melakukan aktifitas harian. Bahkan, pakar kesehatan menyebutkan jika kita merasa kelelahan, mengantuk, atau sudah tidak fokus lagi bekerja di siang hari, kita bisa beranjak ke luar ruangan saat jam istirahat atau jam makan siang untuk mendapatkan tubuh kita lebih fokus lagi dan menhilangkan rasa kantuk.

Baca Juga:  Cara Agar Tetap Sehat Meski Banyak Kesibukan

Jangan sia-siakan cahaya matahari nan hangat dan segar, khususnya di pagi hari. Meskipun kita hanya akan menghabiskannya dengan duduk-duduk meminum teh hangat di luar ruangan, kita sudah bisa mendapatkan efek positif dari cahaya matahari. Jadi, jangan takut terkena sinar matahari.