Terkena Sembelit? Cobalah Konsumsi Makanan-Makanan Berikut

DokterSehat.Com – Salah satu masalah kesehatan yang sangat menyebalkan adalah sembelit. Bagaimana tidak, sembelit bisa membuat kita berlama-lama di toilet dan karena kesulitan untuk buang air besar, kita bisa merasakan ketidaknyamanan pada perut sepanjang hari. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika sembelit memiliki resiko besar memicu masalah kesehatan lain yang lebih serius jika dibiarkan begitu saja. Lantas, apa yang bisa kita lakukan andai kita mengalami sembelit?

doktersehat-toilet-ambeien-wasir-buang-air-besar-lancar-bab-Inkontinensia-Usus-kencing-berdarah

Pakar kesehatan menyebutkan jika sembelit menandakan adanya masalah pada saluran pencernaan dan kebanyakan orang akan segera mengkonsumsi obat pencahar untuk mengatasinya. Sayangnya, konsumsi obat-obatan ini bukanlah cara yang alami dan kurang baik bagi tubuh. Alih-alih meminum obat ini, ada baiknya kita justru mengkonsumsi makanan-makanan pereda sembelit seperti sebagai berikut.

Ubi
Tahukah anda jika ubi yang manis, lezat, sekaligus mengenyangkan ini ternyata termasuk dalam makanan yang bisa mengatasi sembelit? Pakar kesehatan menyebutkan jika ubi ternyata kaya akan serat, magnesium, dan kadar air. Kandungan-kandungan inilah yang bisa menjadi pencahar alami bagi saluran pencernaan yang tersumbat.

Sayuran hijau
Layaknya ubi, sayuran hijau dikenal luas sebagai makanan yang sehat dan kaya akan serat. Padahal, serat adalah kandungan yang bisa membuat saluran pencernaan menjadi lebih lancar. Konsumsi sayuran hijau dengan rutin untuk mengatasi sembelit yang sangat mengganggu.

Oatmeal
Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengkonsumsi oatmeal saat sarapan untuk menurunkan resiko terkena konstipasi atau susah buang air besar. Kita juga bisa mengkonsumsi makanan yang sangat kaya akan serat untuk melancarkan buang air besar andai terkena sembelit.

Semangka, Stroberi, dan Kismis
Jika buah kismis kaya akan serat, maka buah semangka juga kaya akan kandunga serat dan kadar air yang bisa membuat sistem pencernaan lebih lancar. Tak hanya itu, buah stroberi juga memiliki kandungan pectin yang bisa membuat produksi lendir khusus di usus menjadi semakin banyak sehingga memperlancar buang air besar.