Terkena Penyakit Langka, Badan Bocah Ini Terus Menggemuk Meski Sudah Berolahraga

DokterSehat.Com– Seorang anak yang masih berusia delapan tahun bernama Jake Vella yang berasal dari Malta, sebuah negara kecil di Eropa, dikabarkan mengidap penyakit langka yang disebut sebagai rapid-onset obesity with hypothalamic dysregulation, hypoventilation, and autonomic dysregulation atau ROHHAD. Gara-gara penyakit ini, tubuh sang bocah terus menggemuk meskipun Ia sudah berusaha untuk rutin berolahraga atau menerapkan pola makan yang sehat. Bagaimana hal ini bisa terjadi?



Menurut pakar kesehatan, penyakit ROHHAD yang menimpa bocah malang ini termasuk dalam gangguan hormonal yang cukup mematikan. Di seluruh dunia, penyakit ini hanya dimiliki oleh sekitar 100 orang saja. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan bahwa penderita penyakit ini sangat jarang yang mampu bertahan hidup hingga usia 20-an. Alhasil, dokter yang menangani Jake pun tidak yakin apakah sang bocah bisa bertahan hidup hingga usia dewasa atau tidak.

Tak hanya membuat tubuh Jake semakin menggemuk, penyakit ROHHAD ini ternyata juga bisa menyebabkan perkembangan beberapa jenis tumor. Di tubuh Jake sendiri kini sudah ada satu buah tumor yang ada di punggungnya.

Meskipun terkena penyakit langka, Jake ternyata bertekad untuk bisa hidup sehat dan melawan kenaikan berat badannya. Ia pun rela melakukan kegiatan olahraga yang cenderung ekstrim layaknya triathlon. Sang ibu, Maruska, menyebutkan bahwa dengan melakukan olahraga triathlon, Jake akan berusaha untuk membuat tubuhnya tetap fit dan selalu aktif. Tak hanya itu, ajang olahraga ini membuatnya berkesempatan untuk bersosialisasi dengan orang lain.

Jake sendiri masih bisa beraktifitas layaknya anak-anak pada umumnya seperti bersekolah atau menjalankan hobinya bermain drum. Hanya saja, karena kondisi kesehatannya ini, Ia harus berhati-hati karena jika jatuh sakit, meskipun penyakit tersebut cukup ringan layaknya flu, maka hal ini bisa menyebabkan komplikasi lainnya.