Terkena Masuk Angin? Atasi Dengan Minuman Herbal Berikut

DokterSehat.Com – Meskipun sebenarnya kita sedang dalam musim kemarau, dalam realitanya kita masih mengalami beberapa kali cuaca ekstrim dan hujan yang lebat. Kombinasi antara musim kemarau yang panas dan seringkali berdebu dan bisa tiba-tiba berubah menjadi hujan lebat nan lembab tentu akan beresiko menyebabkan kita terkena masuk angin, apalagi bagi kita yang kerap melakukan perjalanan atau pulang malam hari. Masuk angin tentu akan membuat badan kita tidak nyaman dan bahkan banyak dari kita yang harus muntah-muntah karenanya. Sebenarnya, apakah ada cara alami yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masuk angin?

doktersehat-teh-rosemary-peppermint-daya-ingat-serai-jahe-masuk-angin-cedera-otot

Pakar kesehatan menyebutkan jika selain dengan obat herbal yang telah beredar di pasaran, kita bisa membuat ramuan minuman herbal sendiri yang diyakini sangat ampuh untuk mengatasi masalah masuk angin. Minuman herbal ini adalah teh serai. Serai sendiri memang dikenal luas sebagai bumbu dapur, namun, serai ternyata memiliki kemampuan untuk membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik dan membuat tubuh lebih hangat sehingga akan menjadi lebih nyaman saat terkena masalah masuk angin.

Untuk membuat teh serai, kita bisa menyiapkan 5 batang serai yang sudah tua dan dicuci bersih. Gunakan bagian yang putih dan bersih saja dan kemudian memarkan. Serai ini kemudian bisa kita rebus hingga mendidih di dalam 750ml air. Setelah itu, kita bisa tuangkan hasil air rebusan serai ini ke dalam cangkir. Bagi beberapa orang, teh serai ini cenderung akan memberikan rasa yang kuat sehingga kita bisa menambahkan beberapa bahan lainnya layaknya madu, irisan buah lemon, atau bahkan gula palem agar rasa dari teh serai ini menjadi lebih baik.

Teh serai ini akan sangat nikmat untuk diminum hangat-hangat. Tak hanya sangat baik untuk mengatasi masuk angin, teh serai ini juga bisa diminum kapan saja agar kita bisa menjaga sistem kekebalan tubuh kita dalam kondisi yang prima.