Terkena Masalah Susah Tidur? Cobalah Memakai Kacamata Hitam

DokterSehat.Com – Tanpa kita sadari, stress karena tekanan pekerjaan atau hal-hal lain membuat semakin banyak orang yang mengalami masalah susah tidur atau insomnia. Sayangnya, saat mengalami masalah kurang tidur, kita justru lebih memilih untuk menyalakan televisi atau bermain dengan gadget yang tentu akan membuat kita semakin sulit untuk beranjak tidur. Sebenarnya, apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah susah tidur ini?

doktersehat-kacamata-hitam-sunglasses

Glenn Landry, pakar kesehatan yang meneliti tentang aktifitas tidur, menyebutkan jika ada trik unik untuk mengatasi masalah tidur ini, yakni dengan memakai kacamata hitam. Beliau sendiri menyarankan kita menggunakan kacamata hitam selama dua jam sebelum kita beranjak tidur. Alasannya? Penggunaan kacamata hitam ini bisa membuat radiasi cahaya biru yang berasal dari layar televisi, gadget, hingga laptop yang kerap kita gunakan bisa tersaring dengan baik dan tidak akan mengganggu ritme tidur pada tubuh kita.

Gadget, laptop, hingga televisi, kini memang menjadi benda-benda yang hampir selalu terakhir dipegang sebelum tidur. Padahal, cahaya biru dan radiasi dari peralatan ini bisa mempengaruhi ritme sirkadian tubuh. Saat hal ini terjadi, tubuh tak kunjung rileks ataupun mengantuk sehingga kita pun kesulitan untuk memejamkan mata. Dengan menggunakan kacamata hitam, kita setidaknya bisa mengelabui pikiran kita yang menganggap jika cahaya sudah semakin redup sehingga tubuh pun akan segera mempersiapkan diri untuk segera tertidur.

Selain memakai kacamata hitam, Landry juga menyarankan kita untuk lebih sering menikmati sinar matahari pagi jika terkena masalah kurang tidur. Menurut beliau, orang-orang yang jarang terpapar sinar matahari membuat otak dan ritme sirkadian mengalami gangguan sehingga mereka pun kesulitan untuk membedakan kapan waktu untuk terjaga dan kapan waktu untuk tertidur. Dengan lebih menikmati sinar matahari pagi, maka akan terjadi perbaikan pada otak dan ritme sirkadian yang akan membantu kita mengatasi masalah susah tidur.