Terkena Masalah Mata Kering? Atasi Dengan Cara-Cara Berikut Ini

DokterSehat.Com – Kesibukan harian kita baik itu di dalam kantor atau saat berada di luar ruangan membuat mata kita cenderung jarang berkedip, terkena udara yang kering, hingga terkena berbagai macam debu dan kotoran. Tanpa kita sadari, hal-hal tersebut bisa memicu berbagai masalah kesehatan layaknya iritasi, alergi, atau bahkan masalah mata kering. Sebelum masalah mata kering ini mengganggu berbagai aktifitas, ada baiknya kita segera mengatasinya dengan cara-cara sebagai berikut.

doktersehat-mata-iritasi-lensa-kontak-soflens

Mengompresnya dengan air hangat
Saat mata terasa kering dan gatal-gatal, cobalah untuk mengompresnya dengan air hangat agar mata menjadi lebih nyaman. Cukup dengan membasahi kain dengan air hangat dan tempelkan pada mata yang tertutup selama beberapa saat, maka peredaran darah di area mata akan menjadi lebih lancar sehingga mata pun akan terasa lebih baik. Untuk menghindari masalah mata kering atau mata lelah, kita juga bisa melakukan hal ini setiap hari setelah pulang dari tempat kerja.

Menggunakan minyak kelapa
Selain menggunakan air hangat, kita juga bisa menggunakan minyak kelapa untuk mengatasi masalah mata kering. Cukup dengan mengoleskannya pada kelopak mata dan biarkan saja selama 15 menit, mata pun akan terasa jauh lebih baik dan lebih nyaman sehingga bisa kita bisa kembali beraktivitas seperti biasa.

Menggunakan air mawar
Tuangkan air mawar pada wadah dan celupkan kapas pada air mawar tersebut. Kapas ini bisa kita gunakan untuk mengompres mata setidaknya selama 15 menit. Dengan melakukannya dua hingga tiga kali dalam sehari, mata kita akan menjadi lebih rileks dan terbebas dari masalah mata kering dan lelah.

Terus berkedip
Saat bekerja di depan komputer, kerap kali kita lupa untuk mengedipkan mata sehingga mata pun menjadi mudah kering dan lelah. Cobalah untuk terus berkedip secara teratur sehingga air mata pun tetap membuat mata menjadi lembab sehingga kita pun tidak akan mudah terkena masalah mata kering.