Terkena Masalah Kesehatan Ini? Jangan Makan Ikan Teri

manfaat-ikan-teri-doktersehat
Photo Credit: flickr/ John Lodder

DokterSehat.Com– Salah satu makanan yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat Tanah Air adalah ikan teri. Rasanya yang cenderung asin dengan tekstur yang renyah memang bisa membuat kita ketagihan. Tak hanya itu, ikan teri disebut-sebut memiliki kandungan asam lemak omega-3 dalam jumlah yang tinggi sehingga bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat. Kita juga bisa mendapatkan vitamin seperti vitamin B12, vitamin K, atau vitamin E dari ikan berukuran kecil ini.

Berbagai kandungan lain yang bisa didapatkan dari ikan teri adalah asam folat, niasin, thiamin, serta riboflavin yang bisa mendukung berbagai sistem yang ada dalam tubuh. Sayangnya, dibalik berbagai kandungan menyehatkan yang ada dalam ikan teri, ada baiknya penderita asam urat tidak mengkonsumsi makanan ini.

Menurut pakar kesehatan, ikan teri ternyata memiliki kandungan purin yang sangat tinggi. Padahal, sudah menjadi rahasia umum jika purin adalah musuh utama bagi penderita asam urat. Selain itu, ikan teri juga kaya akan lemak dan kolesterol yang bisa membuat peradangan pada tubuh menjadi lebih parah.

Jika sampai asam urat semakin parah, maka dikhawatirkan akan menyebabkan komplikasi seperti batu ginjal. Hal ini disebabkan oleh banyaknya purin yang menumpuk dalam ginjal dan kemudian mengeras menjadi batu. Jika sampai hal ini terjadi, maka penderitanya akan kesulitan untuk buang air kecil atau bahkan mengalami penderitaan luar biasa untuk melakukannya.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya penderita asam urat memang menghindari ikan teri. Makanan lain yang sebaiknya juga dihindari adalah jeroan dan daging merah. Pastikan untuk mengkonsumsi makanan sehat dengan kadar gizi yang seimbang dan konsultasikan kondisi kesehatan pada dokter agar masalah asam urat tidak menjadi semakin parah.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik