Terkena Luka Bakar Saat Berlibur di Pantai? Atasi Dengan Hal Ini

DokterSehat.Com – Banyak orang yang menghabiskan waktu di akhir pekan seperti sekarang ini dengan berlibur ke pantai. Dengan menikmati pasir pantai yang lembut dan deburan ombak yang menenangkan, maka kita pun akan bisa meredakan stress. Sayangnya, dibalik rasa senang saat berlibur di pantai, andai kita tidak menggunakan tabir surya atau berhati-hati, maka kita bisa mengalami masalah luka bakar atau kulit belang karena sengatan sinar matahari. Apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah luka bakar ini?

doktersehat-kulit-tangan-halus-kesehatan-skin-Eksim-Nummular-Dermatitis-Erisipeloid-Eritema-Nodosum-ichtyosis-lamellar-panu-impetigo-aquagenic-urticaria

Gunakan masker pepaya
Pakar kesehatan menyebutkan jika kita bisa menggunakan masker pepaya untuk mengatasi luka bakar saat berlibur di pantai. Buah pepaya bisa kita lembutkan atau blender hingga halus sehingga bisa dijadikan sebagai masker yang menyembuhkan luka bakar. Masker pepaya yang mampu membuat kulit terasa lebih dingin juga akan menghindari masalah kulit yang lebih buruk akibat paparan sinar matahari.

Gunakan kentang
Saat berlibur di pantai, seringkali kita akan membuat kulit menjadi belang. Hal ini tentu akan membuat penampilan kita menjadi tak lagi maksimal, bukan? Beruntung, kita hanya perlu menggunakan masker yang terbuat dari buah kentang yang sudah dihaluskan untuk mengatasi hal ini. Setelah dioleskan pada kulit yang belang, kita hanya perlu mendiamkannya selama 15 menit dan kulit pun akan kembali cerah dengan merata.

Gunakan Tomat
Masker tomat juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah kulit belang karena terkena paparan sinar matahari. Kita hanya perlu menghaluskan buah tomat dan tinggal mengoleskannya pada bagian kulit yang belang dua kali sehari. Setelah didiamkan selama beberapa saat, maka kita bisa membilasnya dengan berrsih menggunakan air.

Gunakan Lemon
Lemon ternyata bisa membantu kita mencerahkan kembali kulit yang sudah terkena paparan sinar matahari. Untuk menggunakannya, kita hanya perlu mengoleskan lemon yang sudah dibelah pada bagian kulit yang bermasalah. Setelah itu, diamkan sebentar dan kemudian bilaslah dengan air. Lakukan hal ini dua kali dalam sehari dan kulit pun akan menjadi cerah kembali.