Terkena Gejala Kesehatan Ini? Waspada Diabetes Tipe 2

DokterSehat.Com – Banyak orang yang berpikir jika diabetes adalah penyakit keturunan sehingga kita tidak perlu khawatir akan datangnya penyakit ini jika tidak memiliki riwayat keluarga penderita diabetes. Sayangnya, gaya hidup masyarakat modern yang cenderung tidak sehat membuat semakin banyak orang yang beresiko terkena penyakit ini, termasuk mereka yang tidak memiliki riwayat keluarga terkena diabetes. Jika anda mengalami gejala-gejala kesehatan berikut ini, bisa jadi anda sudah terkena diabetes tipe 2.

doktersehat-diabetes-gula-penyakit

Tubuh semakin gemuk
Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Diabetes Prevention Program, diketahui bahwa kenaikan berat badan akan meningkatkan resiko terkena diabetes. Karena alasan inilah ada baiknya kita menjaga berat badan tetap ideal. Jika kita mengalami masalah kelebihan berat badan, maka ada baiknya kita melakukan program diet karena jika kita berhasil menurunkan berat badan 5 hingga 7 persen saja, kita sudah bisa menurunkan resiko terkena diabetes dengan signifikan.

Sering buang air kecil
Salah satu tanda dari tubuh yang tidak memproduksi hormon insulin dengan cukup adalah sering buang air kecil. Minimnya kadar insulin dalam tubuh ini akan membuat glukosa langsung memasuki aliran darah dan pada akhirnya mengeluarkannya lewat air seni.

Pandangan mata yang semakin kabur
Tingginya kadar gula dalam darah ternyata bisa memicu cairan di dalam lensa mata menjadi semakin keruh. Hal ini akan membuat pandangan mata menjadi semakin kabur.

Warna kulit leher yang semakin gelap
Tubuh yang terus berusaha dengan keras memproduksi insulin membuat kandungan gula dari makanan tidak benar-benar bisa dimaksimalkan oleh tubuh. Alhasil, kulit pun meresponsnya dengan cara membuat pigmen kulit lebih banyak, khususnya di area leher. Hal ini ternyata membuat adanya guratan gelap pada kulit leher.

Baca Juga:  Beberapa Cara Mencegah Wasir

Kerap mengalami keputihan
Tingginya kadar gula dalam darah ternyata bisa membuat perubahan kadar pH pada vagina dan menyebabkan keputihan yang disertai dengan gatal-gatal.

Berat badan turun drastis dengan cepat
Jangan senang dulu jika berat badan turun dengan drastis dalam waktu yang singkat. Bisa jadi hal ini disebabkan banyaknya glukosa yang dibuang oleh tubuh melalui air seni karena tidak bisa diolah akibat dari tubuh tidak mampu lagi memproduksi insulin.