Terkena Gatal-Gatal? Jangan Asal Mengobatinya

DokterSehat.Com – Gatal-gatal bisa saja muncul saat kita membersihkan rumah, mencuci baju, mencuci piring dan berbagai penyebab lainnya. Kadangkala gatal-gatal ini bisa terasa sangat mengganggu dan sulit untuk mereda. Sayangnya, banyak dari kita yang menyepelekan rasa gatal ini hingga membiarkannya begitu saja atau bahkan dengan mudah memberikan salep atau bedak gatal secara asal-asalan. Bukannya segera sembuh, gatal-gatal ini justru bisa semakin parah dan semakin meluas.

doktersehat-wanita-punggung-gatal-merah-itchy-kulit-alergi-Pruritus-garuk-cacar-air

Pakar kesehatan menyebutkan jika ada cukup banyak obat gatal yang bisa kita dapatkan di apotek atau bahkan warung-warung terdekat, dari bedak, krim, salep, obat cair, atau bahkan sabun. Obat-obatan ini memiliki kegunaan dan pengaruh yang berbeda-beda dalam mengatasi berbagai macam gatal-gatal. Sebagai contoh, ada salep yang hanya memiliki kandungan anti gatal berkonsentrasi tinggi yang bukannya mengatasi rasa gatal, jika kulit kita sensitif, maka bisa jadi kulit justru akan terkena iritasi.

Beberapa jenis gatal disebabkan oleh jamur yang tentu harus diobati dengan obat anti jamur, bukannya obat-obatan yang mengandung antibiotik atau kortikosteroid. Jika kita menggunakannya, bukannya membuat gatal-gatal mereda, yang terjadi justru kita akan menimbulkan masalah baru berupa dermatitis kontak.

Terdapat berbagai jenis penyebab gatal-gatal lainnya layaknya kutu, alergi pada bahan pakaian atau benda-benda tertentu, atau bahkan karena masalah kulit sensitif. Beberapa orang lain juga mengalami gatal-gatal yang disebabkan oleh sabun mandi, parfum, atau bahkan make-up yang tidak cocok dengan jenis kulit. Selain itu, gatal-gatal juga bisa disebabkan oleh gigitan serangga atau bahkan karena biang keringat.

Jika kita mengalami gatal-gatal, ada baiknya kita berkonsultasi dahulu dengan pakar kesehatan untuk mendapatkan obat yang sesuai dengan jenis gatal yang menyerang, bukan secara sembarangan menggunakan obat gatal. Dengan melakukannya, gatal-gatal bisa cepat mereda dan kita pun kembali merasa nyaman.