Terkena Bau Mulut? Atasi Saja Dengan Mengunyah Keju

DokterSehat.Com – Salah satu masalah kesehatan yang cukup menjengkelkan sekaligus bisa membuat kita kehilangan kepercayaan diri adalah masalah bau mulut. Bagaimana tidak, bau mulut ini bisa membuat orang yang berbicara dengan kita merasa tidak nyaman. Dalam beberapa kasus, ada beberapa orang yang dijauhi oleh orang lain hanya gara-gara memiliki bau mulut yang sangat tidak sedap. Apakah tidak ada solusi untuk mengatasi hal ini?

doktersehat-mulut-bau

Ada cukup banyak penyebab dari masalah bau mulut ini, baik itu karena tidak menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan baik, konsumsi makanan yang bisa memicu bau mulut layaknya bawang bombai dan lain sebagainya, hingga terkena masalah halitosis. Beruntung, pakar kesehatan menyebutkan jika ada beberapa cara alami yang bisa membantu kita mengatasi masalah bau mulut seperti sebagai berikut.

Mengunyah keju
Pakar kesehatan spesialis gigi dan mulut yang berasal dari Charlotte Town bernama Julie Linzel baru-baru ini mengungkapkan fakta menarik tentang keju. Menurut beliau, jika kita kita mengkonsumsi sepotong keju setelah makan, maka hal ini akan membuat beberapa jenis asam yang menempel pada gigi menjadi netral. Hal ini ternyata mampu mencegah datangnya bau mulut.

Minum yoghurt
Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang, disebutkan bahwa konsumsi yoghurt murni yang tidak diberi tambahan pemanis apapun bisa menurunkan kadar hydrogen sulfida pada mulut. Hal ini tentu akan membuat kita tidak mudah terkena masalah bau mulut ini.

Mengunyah apel, wortel, dan seledri
Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengunyah apel, wortel, dan seledri jika ingin mencegah munculnya masalah bau mulut. Tak hanya dikunyah, kita juga bisa menggosok-gosokkan tiga makanan sehat ini pada gigi dan lidah untuk mencegah masalah kesehatan tersebut.

Baca Juga:  Ini Alasan Mengapa Banyak Orang yang Tidak Sadar Mengalami Bau Mulut

Mengkonsumsi teh hitam
Dilansir dari laman kesehatan Best Health Magazine, disebutkan bahwa konsumsi teh hitam mampu secara efektif mencegah masalah kesehatan gigi sekaligus mencegah munculnya bau mulut. Kandungan polifenol pada teh hitam inilah yang disebut-sebut mampu mencegah bau mulut.