Terkena Batuk Seperti Ini? Bisa Jadi Tanda Dari Penyakit Berbahaya

DokterSehat.Com – Banyak orang yang berpikir jika batuk adalah sebuah penyakit yang sangat mengganggu dan harus disembuhkan. Padahal, batuk sebenarnya dalah mekanisme alami pertahanan tubuh yang ada pada sistem pernafasan kita. Batuk sendiri akan muncul sebagai reaksi tubuh saat tenggorokan mengalami iritasi yang diakibatkan oleh lendir, makanan, debu, atau bahkan asap dan lain sebagainya. Normalnya, batuk akan berusaha untuk mengeluarkan benda asing pada tenggorokan tersebut dengan tujuan melegakan saluran pernafasan. Namun, ada beberapa jenis batuk yang ternyata mengindikasikan adanya penyakit berbahaya yang sebaiknya patut untuk kita waspadai. Seperti apakah jenis batuk tersebut?

doktersehat-sakit-flu-batuk-orang-tua-penumonia-tersedak

Batuk jenis pertama yang bisa menandakan adanya penyakit adalah batuk kering. Batuk kering ini terjadi meskipun jumlah dahak sangat sedikit pada tenggorokan. Alhasil, hal ini bisa membuat iritasi pada tenggorokan yang cukup parah dan menyiksa. Seringkali batuk kering ini disebabkan oleh alergi atau lingkungan yang tidak sehat layaknya ruangan yang dipenuhi oleh para perokok.

Tak hanya menandakan alergi, batuk kering ternyata juga bisa menandakan penyakit asma atau adanya efek samping dari obat-obatan tertentu. Andai batuk kering ini terjadi dalam waktu yang cukup lama, bisa jadi hal ini juga disebabkan oleh refluks asam lambung, masalah kesehatan yang disebabkan oleh naiknya asam lambung menuju tenggorokan.

Batuk basah yang biasanya diiringi oleh banyaknya lendir memang bisa membuat kita lega. Sayangnya, batuk jenis ini bisa disebabkan oleh alergi atau beberapa masalah kesehatan yang lebih serius layaknya infeksi sistem pernafasan. Hanya saja, andai batuk yang basah ini keluar disertai dengan darah, ini adalah tanda dari adanya kanker paru. Tak hanya itu, jika dahak yang keluar berwarna kekuningan atau kehijauan, maka bisa jadi ini adalah tanda dari pneumonia.

Baca Juga:  Bahan Dapur Ini Bisa Mengatasi Batuk Kering

Jika kita menemui batuk dengan tanda-tanda seperti ini, ada baiknya segera memeriksakannya ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.