Terkena Amandel, Anak Tidak Boleh Minum Es?

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang tua yang melarang buah hatinya untuk minum es karena menganggap minuman ini bisa membuat mereka jatuh sakit, khususnya terkena penyakit flu atau pilek. Selain itu, bagi anak yang mengalami masalah amandel, orang tua juga tidak akan mengijinkan anaknya sekalipun mengkonsumsi minuman dingin atau es karena dianggap mampu membuat amandel membengkak semakin parah. Sebenarnya, apakah minuman es memang bisa berpengaruh bagi amandel?

doktersehat-kanker-tenggorokan

Pakar kesehatan spesialis anak bernama dr. Darmady Darmawan SpA yang berasal dari Rumah Sakit Evasari Awal Bros Jakarta menyebutkan bahwa anggapan ini ternyata ada benarnya. Hal ini disebabkan oleh penyebab dari penyakit amandel yang berupa peradangan bakteri.

Jika anak yang terkena amandel minum es atau minuman dingin lainnya, maka bagian tenggorokan yang disebut sebagai rambut getar yang berfungsi sebagai pengusir kuman dan bakteri tidak akan lagi berfungsi. Hal ini tentu akan membuat jumlah bakteri dan kuman semakin banyak dan akhirnya peradangan menjadi semakin parah dan membuat amandel semakin membengkak.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang orang tua memastikan untuk membatasi apa saja yang dikonsumsi oleh anak baik itu berupa makanan atau minuman agar masalah amandel yang dideritanya tidak menjadi semakin parah dan bisa segera disembuhkan. Selain minuman dingin, pakar kesehatan menyarankan orang tua untuk tidak memberikan makanan pedas seperti sambal, saus, atau merica, makanan instan seperti mie instan, snack yang kaya akan kandungan micin, dan juga buah durian pada buah hatinya karena bisa membuat pembengkakan amandel menjadi semakin parah.