Terjawab, Alasan Mengapa Ada Rambut di Pantat Kita

DokterSehat.Com– Memiliki bulu atau rambut di bagian tubuh layaknya kemaluan tentu akan membuat kita merasa tidak nyaman. Kadangkala rambut ini akan terselip pada organ vital atau celana dalam sehingga membuat pergerakan kita menjadi tidak leluasa. Karena alasan inilah cukup banyak orang yang secara rutin mencukur bulu kemaluannya. Sayangnya, kadangkala bulu ini tumbuh hingga ke area pantat atau bahkan anus sehingga sulit untuk dicukur karena posisinya yang tidak terjangkau. Kita pun bertanya-tanya tentang apa fungsi dari rambut yang tumbuh di pantat kita ini?

doktersehat-pantat-kentut

Pakar kesehatan menyebutkan jika meskipun membuat risih karena terkesan kotor mengingat posisinya yang dekat dengan tempat dimana kotoran dibuang dari tubuh, rambut yang tumbuh pada pantat atau dekat dengan anus ini ternyata memiliki manfaat. Layaknya bulu mata kita, rambut pada area pantat ini juga memiliki fungsi untuk mencegah kotoran, debu, dan berbagai partikel lain agar tidak memasuki anus dengan mudah.

Fungsi lain dari rambut yang tumbuh di sekitar kemaluan atau pantat ini juga untuk mencegah terjadinya gesekan antara bokong satu dengan bokong lainnya. Tanpa adanya rambut-rambut tersebut, besar kemungkinan gesekan yang kerap terjadi saat berjalan atau aktivitas lainnya akan membuat lecet-lecet.

Manfaat lain yang tidak kita duga dari adanya rambut pada area pantat ini adalah rambut ini bisa memproduksi aroma khusus yang ternyata bisa meningkatkan rangsangan seksual pada pasangan saat berhubungan intim. Sebagian pria atau wanita bahkan mengaku kerap memainkan rambut kemaluan, termasuk rambut di area pantat ini saat berhubungan intim.

Pertumbuhan rambut pada area pantat ini mulai terjadi saat kita mulai memasuki masa pubertas. Yang menarik adalah, rambut ini ternyata tidak akan bertambah lebat meskipun kita sudah melewati masa pubertas tersebut.