Terinfeksi Bakteri, Kaki Anak 12 Tahun Ini Harus Rela Diamputasi

DokterSehat.Com – Sebuah cerita memilukan datang dari seorang anak kecil berusia 12 tahun yang berasal dari Detroit, Michigan, Amerika Serikat. Anak yang bernama Dekarai Moore Jr ini harus merelakan kakinya diamputasi. Yang lebih mengenaskan adalah, penyebab dari amputasi pada kakinya ini sangatlah tidak biasa, yakni adanya bakteri yang memakan daging dan tulang kakinya. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-amputasi

Semua ini berawal setelah Dekarai melakukan olahraga. Ia merasakan lututnya mengalami pembengkakan dan rasa sesak pada betis. Tak hanya itu, kakinya kemudian merasakan sensai luka bakar yang sangat hebat. Ia pun segera dilarikan ke rumah sakit karena rasa sakit yang luar biasa. Betapa terkejutnya dokter yang menanganinya karena ternyata Dekarai terinfeksi bakteri menggerogoti kakinya dan menyebabkan penyakit langka yang bernama necrotizing fasciitis, yang sebenarnya sangat jarang terjadi pada anak-anak dan remaja dengan usia di bawah 21 tahun. Bakteri ini ditengarai telah menyerang kedua kaki Dekarai, namun, beruntung, kaki kanannya masih bisa diselamatkan meskipun hal ini berarti Dekarai harus merelakan kaki kirinya untuk diamputasi karena infeksi yang sudah teramat parah.

Orang tua Dekarai, Charmaine Norman dan Dakarai Moore Sr, berkata jika amputasi ini sangat memukul perasaanya. Mereka berdua sangat tidak tega namun mengerti bahwa tindakan yang dilakukan oleh dokter dilakukan demi menyelamatkan nyawanya.

Sebenarnya necrotizing fasciitis hanya akan terjadi dalam beberapa hari saja dan menyebabkan infeksi ringan. Di Amerika sendiri, setiap tahunnya sebenarnya penyakit ini bisa menyerang sekitar 200 ribu orang. Hanya saja, yang terjadi pada Dekarai adalah kasus yang langka dimana bakteri sangat mengganas sehingga merusak berbagai jaringan layaknya daging, kulit, lemak, hingga pelindung otot dalam waktu yang singkat. Jika bakteri ini dibiarkan begitu saja, maka nyawa penderitanya akan terancam atau setidaknya harus mengalami kehilangan anggota tubuh seperti yang harus diterima oleh Dekarai.