Terganggunya Fungsi Lidah Bisa Jadi Pertanda Penyakit Berbahaya

DokterSehat.Com – Salah satu indera pada tubuh manusia yang sebenarnya cukup penting namun kerap kali diabaikan adalah lidah dan juga fungsi pengecapannya. Kita bisa mulai khawatir jika indera penglihatan atau indera pendengaran kita terganggu, namun, saat lidah mengalami masalah dan tidak bisa mengecap rasa dengan normal, maka terkadang kita akan menyepelekannya begitu saja dan menunggu lidah untuk kembali normal seperti sedia kala. Terdapat beberapa rasa yang ada pada lidah yang sebaiknya tidak kita sepelekan seperti sebagai berikut.

doktersehat-sakit-gigi-sariawan-lubang

Kadang kala lidah dan mulut kita terasa sangat manis atau andai kita mengkonsumsi buah-buahan, rasa buah ini tidak juga menghilang meskipun kita sudah meminum air putih cukup banyak. Rasa mulut yang terasa manis ini bisa jadi adalah tanda dimana kadar gula dalam darah terlalu tinggi dan beresiko mendapatkan diabetes. Hanya saja, tanda ini biasanya masih dalam level yang rendah sehingga ada baiknya anda segera memeriksakan kondisi anda ke dokter untuk bisa mendapatkan tips mencegah diabetes.

Selain rasa manis, kadang kala lidah dan mulut juga terasa asin terus-menerus. Kondisi ini secara medis disebut sebagai dysgeusia. Seringkali rasa asin ini terjadi karena pengaruh penyakit sinus, flu, atau bahkan demam yang seringkali berlangsung sementara. Selain itu, rasa asin ini juga bisa disebabkan karena tubuh yang sedang mengalami dehidrasi dan membutuhkan asupan air minum. Mulut juga bisa mengalami rasa busuk dan disertai dengan bau mulut yang sangat tidak sedap. Kondisi ini disebut sebagai halitosis dimana masalah ini sering terjadi karena kita tidak menjaga kebersihan gigi dan mulut. Selain itu, halitosis juga bisa disebabkan oleh kebiasaan merokok, kurangnya asupan air minum, hingga pengaruh obat-obatan.

Baca Juga:  Naik Turun Tangga Ternyata Beresiko Membuat Masalah Kesehatan Pada Lutut

Lidah juga bisa merasa aneh layaknya mengecap logam. Kondisi ini seringkali disebabkan oleh adanya infeksi pada gigi atau mulut. Dalam beberapa kasus, rasa logam ini bisa terjadi karena adanya gangguan pada selaput mukosa di dalam mulut yang disebut sebagai lichen planus atau adanya penyakit crohn. Kita tentu harus memeriksakan kondisi ini ke dokter unutuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.