Terdapat Beberapa Masalah Kesehatan Dibalik Perut Yang Membuncit

DokterSehat.Com – Masalah perut membuncit kini tidak hanya menyerang mereka yang sudah berusia dewasa saja. Kini, semakin banyak anak muda yang juga mengalami masalah perut membuncit. Seringkali masalah perut membuncit ini disebabkan oleh gaya hidup yang kurang sehat dimana banyak orang yang kini cenderung banyak mengkonsumsi makanan tidak sehat namun juga kurang melakukan aktifitas fisik. Tahukah anda, dibalik perut yang membuncit ternyata terdapat beberapa masalah kesehatan yang tidak kita sadari seperti sebagai berikut.

doktersehat-gendut-perut

Masalah perut buncit yang paling umum sekaligus paling ringan adalah jika kita mengalami perut kembung. Biasanya, perut yang membuncit karena masalah masuk angin ini bisa berlangsung dalam sehari atau beberapa hari saja. Perut bisa menjadi terlihat membesar dan terasa sangat tidak nyaman. Untuk mengatasinya, kita bisa mengurangi konsumsi makanan yang kaya karbohidrat dan juga kacang-kacangan.

Perut yang membuncit dan terjadi dalam waktu yang lama juga bisa terjadi karena kelainan pada tubuh layaknya yang terjadi pada perempuan yang mengalami masalah fluktuasi hormon pada masa pra-menstruasi. Jika anda mengalami perut membuncit yang disertai dengan rasa nyeri pada perut, masalah sembelit, atau bahkan diare, bisa jadi anda mengalami sindrom iritasi yang terjadi pada usus besar. Cobalah untuk sementara mengurangi konsumsi roti gandum, oat, hingga sereal. Jangan lupa untuk memeriksakan kondisi ini ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.

Perut buncit ternyata juga tidak bisa disepelekan begitu saja, apalagi jika anda ternyata memiliki masalah penyakit celiac atau seliaka. Penderita penyakit celiac akan mengalami kondisi dimana tubuhnya bereaksi negatif pada konsumsi gluten sehingga kita pun akan cenderung mengalami penurunan berat badan secara signifikan, sakit pada perut, hingga lelah dan lesu selama seharian. Penderita celiac biasanya disarankan untuk lebih banyak mengkonsumsi makanan gluten free. Selain itu, ada juga kemungkinan perut membuncit yang disebabkan oleh kanker ovarium sehingga anda pun harus segera memeriksakan kondisi ini ke dokter sebelum terlambat.