Terbiasa Memencet Komedo, Otak Gadis Ini Mengalami Penggumpalan Nanah

doktersehat-wajah-komedo-jerawat-bintik-hitam

DokterSehat.Com– Pakar kesehatan, khususnya di bidang kecantikan, telah berkali-kali melarang kita memencet jerawat atau komedo. Alasan dari larangan ini ternyata tidak main-main lho. Gara-gara kebiasaan memencet komedo, gadis berusia 10 tahun ini sampai harus mengalami operasi bedah otak akibat dari penggumpalan nanah. Kok bisa?

Gadis kecil bernama Xiao Mei yang berasal dari Guangzhou, Tiongkok, ini memang memiliki banyak komedo di hidungnya. Ia pun meminta ibunya untuk memencet komedo ini agar tidak mengganggu penampilannya. Sayangnya, ibunya kerap memencetnya dalam kondisi tangan yang masih kotor.

Pada suatu waktu setelah ibunya membantu memencet komedo dari wajahnya, Xiao mulai mengalami gejala seperti demam dan pusing. Awalnya, kondisi ini dianggap sebagai gejala flu. Namun, lama kelamaan sakit kepala Xiao menjadi semakin berat, kerap muntah-muntah, dan kehilangan nafsu makan. Keluarganya pun segera melarikan Xiao ke rumah sakit. Setelah melakukan tes MRI, barulah ditemukan penyebab dari masalah kesehatan yang dialami Xiao, yakni adanya nanah yang menggumpal pada otaknya dengan ukuran 8 milimeter.

Xiao mengalami kondisi yang disebut sebagai metchillin-resistant staphylococcus aureus (MRSA), semacam infeksi bakteri superbug yang bisa melawan antibiotik dan cenderung susah untuk diobati. Yang tidak disangka adalah, penyebabnya adalah karena ibunya kerap memencet komedo sang gadis dengan tangan dalam kondisi kotor. Karena dianggap sangat berbahaya, dokter pun segera melakukan operasi bedah otak untuk mengeluarkan nanah dari otak sang gadis kecil selama 5 jam.

Xiao Yongshen, sang ahli bedah yang menangani operasi ini menyebutkan bahwa area hidung, mulut, dan mata harus ditangani dengan hati-hati karena memiliki aliran darah yang terkait langsung dengan otak. Jika sampai bagian tersebut terkena infeksi bakteri, maka otak juga akan rentan mengalami hal yang sama.

Melihat adanya hal ini, jangan sembarangan memencet bakteri dan komedo lagi ya?

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik