informasi kesehatan


Terapi Menangani Mata Minus

Terapi Menangani Mata Minus

Doktersehat.com – Biasanya ketika didiagnosis menderita mata minus, penderita ‘diwajibkan’ untuk memakai kacamata untuk mengatasinya. Tapi, seorang spesialis mata, dr. William Bates menemukan bahwa sebenarnya mata minus dapat diatasi dengan melakukan latihan mata tanpa memerlukan kacamata maupun operasi lasik.

Menurut dr. Bates gangguan penglihatan terjadi karena kebiasaan melihat yang tidak benar. Kebiasaan terus menerus menatap objek menyebabkan mata menjadi tegang.

Latihan yang dikemukakan oleh Bates ini bertujuan untuk melatih mata supaya dapat mengatur fokus agar lebih efisien dan melatih mengendurkan otot-otot mata.

Terapi ini berdasarkan keyakinan bahwa adanya kombinasi dari tubuh, jiwa, dan pikiran yang digunakan untuk melihat. Faktor kesehatan, makanan, stres, dan postur tubuh seseorang juga dapat mempengaruhi penglihatan. Berikut beberapa terapi yang dianjurkan oleh Bates:

1. Bersembunyi
Latihan ini berfungsi untuk membantu merilekskan mata. Duduklah di depan meja lalu letakkan beberapa bantal sejajar dengan mata. Setelah itu taruh siku tangan Anda di atas bantal lalu tutup rapat kedua mata dengan telapak tangan. Lanjutkan dengan bernapas secara perlahan, rileks, dan bayangkan Anda berada dalam kegelapan. Lakukan latihan ini selama 10 menit sebanyak  2 – 3 kali sehari.

2. Mengggerakkan bola mata
Lakukan gerakkan ini dengan berdiri dan fokus menatap titik yang letaknya jauh dari Anda. Lalu gerakkan bola mata dari kanan ke kiri sambil berkedip 100 kali setiap harinya. Berkedip berfungsi untuk melumasi dan membersihkan mata.

3. Memilih satu warna dalam satu hari

Pilihlah satu warna berbeda tiap hari dan melihat keluar dengan objek warna yang dipilih sepanjang hari. Ketika melihatnya seseorang akan lebih menyadari warna daripada bentuknya.

4. Berjemur

Saat cuaca sedang cerah, tutuplah mata kemudian tatap langsung matahari dalam keadaan mata masih tertutup. Sambil melihat matahari, gerakkan kepala ke kanan dan ke kiri secra perlahan sampai hampir mrnyrntuh pundak. Latihan ini dapat membawa sirkulasi darah lebih banyak ke leher. Lakukan latihan ini sekali saja selama 3 – 5 menit dalam sehari.

5. Menggeser penglihatan
Menatap layar komputer terus menerus juga dapat menyebabkan mata minus. Sebaiknya jangan terus-terusan menatap layar komputer, sesekali alihkan pandangan Anda pada benda lain yang berada di sekitar Anda. melihat lukisan di dinding atau pot tanaman bisa menjadi pilihan bagi Anda yang berada di dalam ruangan.

Latihan ini dapat mencegah rabun dekat, rabun jauh, meningkatkan penglihatan periferal, dan katarak.

Dr William Bates menyarankan agar melepaskan kontak lensa atau kacamata saat melakukan senam mata supaya lebih nyaman dan santai. Ketika melakukan latihan ini cobalah untuk sangat berkonsentrasi pada mata sehingga hasilnya lebih maksimal.

Sumber: duniaerida.blogspot.com

pf button both Terapi Menangani Mata Minus
                     

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

6 Responses to “Terapi Menangani Mata Minus”

  1. Jefry says:

    kebetulan sekali mata saya juga minus
    tips2nya sangat saya butuhkan dan membantu sekali, terima kasih infonya

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 4 Thumb down 0

  2. nia nuraeni says:

    thanks yah tipsnya akan saya coba…..tapi kalo saya minusnya yg sebelah az dah minus 13 tuh gimana…

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 1 Thumb down 0

    • dr. nellyn angela says:

      Selamat pagi,

      Mata minus yang berat sebelah sering kali sangat mengganggu karena akan sangat cepat lelah pada mata tersebut.
      Usahakan tidak menghentikan penggunaan kaca mata pada saat melihat, komsumsi multivitamin mata tambahan, mengistirahatkan kerja mata setelah kerja keras (sperti melihat komputer , dsb).

      Bila merasa sangat terganggu bisa dicoba erapi laser untuk menghilangkan mata minus tersebut, berkonsultasilah dengan dokter mata untuk kasus ini.

      Semoga bermanfaat
      Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  3. nia says:

    sangat berguna sekali..

    Survei singkat dibayar mahal, pertama di Indonesia, Hanya ada di bisnis ini. Klik http://www.idsurvei.com/survei/arisman/ .

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 1 Thumb down 0

  4. widiyah ningsih says:

    saya memakai kaca mata minus 6 dan plus 1 akhir2 ini saya sering mngalami gangguan penglihatan pada mata saya… mata saya kadang berair kadang kering dan seperti ada kerak di pinggir mata dan sering ada selaput putih panjang di kelopak mata..apakah saya mengalami katarak… usia saya skrg 4 thn…terima kasih atas jawaban nya…

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. nellyn angela says:

      Selamat pagi,

      Perlu diketahui pada katarak yang mengalami kemunduran adalah lensa mata, bagian di tengah menjadi keruh sehingga pengelihatan menjadi kabur. Adakah nampak seperti itu ? Pada penjabaran di atas kemungkinan lebih mengarah kepada kurangnya produksi kelenjar air mata sehingga mata terasa perih , dsb.

      Sebaiknya bapak menambah komsumsi vit a untuk sementara, tidak memforsil kerja mata, dan mengkonsultasikan diri ke dokter mata untuk terapi lebih lanjut.

      Semoga bermanfaat
      Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0