Terapi Ear Candle Sama Sekali Tidak Berguna Bagi Kesehatan?

DokterSehat.Com – Salah satu jenis terapi yang cukup banyak digemari kaum urban adalah terapi ear candle. Terapi ini ditengarai mampu membuat telinga menjadi lebih bersih dari berbagai kotoran. Tak hanya itu, terapi ear candle juga banyak dianggap sebagai salah satu cara untuk mengatasi sinus dan juga stres mengingat sensasi dari terapi ini bisa membuat pikiran kita menjadi lebih tenang dan mampu menghilangkan energi negatif. Namun, bagi pakar kesehatan, terapi ear candle ternyata tidak memberikan efek apa-apa bagi kesehatan. Apakah hal ini benar adanya?

doktersehat-lilin-ear-candle-telinga

Pakar kesehatan Nick Taylor yang berasal dari The American Academy of Otalaryngology menunjukkan bahwa selama ini belum ada studi apapun yang menunjukkan manfaat kesehatan bagi terapi ini. Bahkan, banyak pakar kesehatan lain yang menganggap terapi ini sama sekali tidak aman dan justru dianggap sebagai terapi yang tak berguna sama sekali. Bahkan, terapi ini dianggap memiliki resiko menyebabkan cedera layaknya perforasi pada gendang telinga hingga masalah pendengaran.

Pakar bedah THT dari East Kent Hospital NHS Foundation Trust bernama Henry Sharp bahkan menyebutkan jika terapi ini sama sekali belum terbukti mampu menghilangkan sinus. Bahkan, bagi mereka yang menyebutkan jika terapi ini bisa membersihkan kotoran telinga, sebenarnya kotoran telinga tidak harus dibersihkan karena sebenarnya itu adalah mekanisme perlindungan alami telinga untuk melawan bakteri dan berbagai kotoran agar tidak memasuki lubang telinga lebih dalam.

Alih-alih menggunakan terapi ini, Sharp justru lebih menyarankan terapi yang jauh lebih aman yakni memakai obat tetes telinga yang biasanya sudah memiliki minyak zaitun dan almond. Adanya minyak ini diyakini akan membuat kotoran telinga menjadi lebih lembut sehingga akan lebih mudah keluar dengan sendirinya. Ada juga terapi lain yang lebih aman yakni berupa microsuction yang menggunakan alat penghisap mini yang bisa menghisap kotoran telinga dengan lebih aman.