Terapi Buah dan Oksigen Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

DokterSehat.com – Seseorang yang menderita darah tinggi atau hipertensi tekanan darahnya akan melebihi 140/90 mmHg ketika tubuh dalam kondisi normal. Keadaan ini berlangsung lama sehingga mengakibatkan jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh.



Jika dibiarkan darah tinggi bisa menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit berbahaya seperti serangan jantung dan stroke. Darah tinggi yang tak kunjung sembuh dalam waktu yang lama bisa dikatergorikan ke dalam penyakit berbahaya.

Gejala tekanan darah tinggi biasanya ditandai dengan sakit kepala, lebih cepat lelah, penglihatan kabur, gelisah, mual, bahkan kehilangan kesadaran akibat meningkatnya tekanan darah secara tiba-tiba.

Ada berbagai pengobatan yang dipercaya mampu menurunkan tekanan darah tinggi seperti terapi buah dan terapi oksigen. Buah mengandung banyak nutrisi yang mampu menjaga elastisitas dan resistensi pembuluh darah manusia. Untuk mengetahui buah apa saja yang baik bagi penderita hipertensi, simak ulasan berikut ini:

TERAPI BUAH

Campuran bawang putih dan lemon
Perpaduan bawang putih dan lemon memang tak senikmat minuman lainnya, namun khasiat campuran kedua bahan ini tak kalah hebat dari buah lainnya. Bawang putih mengandung hidrogen sulfida yang dapat berinteraksi dengan sel merah dan mampu menurunkan tekanan darah. sementara lemon kaya akan kandungan vitamin C yang bermanfaat untuk menguatkan dinding arteri. Perpaduan hidrogen sulfida dan vitamin C mampu memperhalus sel otot sekaligus merilekskannya.

Buah Delima
Delima kaya akan kandungan antioksidan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa delima mampu menurunkan tekanan darah secara signifikan.

Semangka
Buah semangka ternyata bisa menyegarkan pembuluh darah. Semangka mengandung asam amino jenis arginin yang dapat melebarkan dinding arteri.

Mentimun
Mentimun sudah dikenal ampuh untuk menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat. Konsumsilah jus mentimun 2 kali sehari secara teratur.

Baca Juga:  Manfaat Peregangan Otot Perut Sebelum Bercinta

Tomat
Mengonsumsi tomat secara langsung atau dijadikan jus dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Jeruk
Jeruk mengandung vitamin C tinggi, serat, oksidan potasium, dan sodium rendah yang baik untuk menurunkan tekanan darah.

Sayuran
Selain buah-buahan, sayuran seperti bayam dan brokoli dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Untuk mendapatkan hasil optimal sebaiknya simpanlah sayuran dan buah-buahan di bawah suhu 50°C dan tunggu selama 30 menit.

Mengonsumsi makanan yang didinginkan terlebih dahulu dapat mempermudah penyerapan dan sekresi serta menurunkan tekanan darah tinggi.

TERAPI OKSIGEN

Terapi oksigen mampu mempercepat proses penyembuhan. Biasakan bernapas yang dalam dan panjang untuk menghirup lebih banyak oksigen sekaligus merilekskan tubuh.

Satu jam sebelum tidur, usahakan turunkan suhu kamar Anda. Kemudian saat suhu tubuh turun, ambil dan makan pelan-pelan buah-buah yang telah disebutkan di atas, sedikit demi sedikit selang-seling antara satu buah dan lainnya.

Setelah 15 menit, pindahlah ke ruangan yang memiliki ventilasi lebih banyak supaya lebih banyak oksigen yang terhirup. Lakukan napas panjang dan dalam selama 20 menit. Kemudian, kembalilah ke ruang bersuhu rendah. Tunggu selama 20 menit sebelum Anda kembali ke kamar tidur dengan suhu normal. Lakukan terapi ini selama 7 hari berturut-turut.

Selamat mencoba..

Dari berbagai sumber