Terapi Binahong untuk Berbagai Jenis Penyakit

DokterSehat.com– Binahong yang memiliki nama ilmiah Anredera Cordifolia merupakan jenis tanaman obat yang berasal dari Tiongkok dengan nama asli Dheng San Chi. Tanaman ini telah dikonsumsi oleh bangsa Tiongkok, Korea, Taiwan dan sekitarnya selama ribuan tahun sebagai obat. Awalnya tanaman ini digunakan untuk mengobati luka. Dahulu banyak dipakai tentara Vietnam unuk mengobati luka mereka saat perang melawan invansi Amerika. Secara empiris tanaman ini memang telah diakui memiliki banyak khasiat.



Binahong merupakan jenis tanaman merambat yang mudah tumbuh di mana saja, terlebih lagi di daerah dingin dan lembab. Tanaman ini terdiri dari batang, daun, bunga, rhizoma, dan akar. Semua bagian tanaman ini memiliki khasiat, baik pengolahan menjadi jus atau dengan dimasak, kemudian diambil airnya. Khasiat utama binahong diantaranya untuk mempercepat pemulihan kesehatan pasca operasi, melahirkan, khitan, luka-luka luar dan dalam, dan radang usus; dapat melancarkan dan menormalkan peredaran dan tekanan darah; menambah dan mengembalikan vitalitas dan daya tahan tubuh; wazir dan ambien, melancarkan buang air kecil; diabetes; mencegah stroke, maag, dan asam urat, dan masih banyak penyakit lain yang dapat di terapi dengan binahong.

Pada pemakaian luar gunakan batang dan daunnya, kemudian ditumbuk dan oleskan pada bagian yang luka, misalnya memar, lecet, dan terkena api. Sedangkan untuk pemakaian dalam dapat digunakan ramuan umbi. Pakailah umbi binahong yang biasanya akan tumbuh saat umur binahong sudah tua. Setelah dicuci bersih, rebuslah umbi tersebut. Dinginkan air rebusan dan disaring. Minum ramuan ini dua hingga tiga kali sehari. Ramuan ini dapat menyembuhkan luka bekas operasi, maag, typus, disentri, mencegah stroke, asam urat, dan sakit pinggang. Selain itu, dapat dibuat pula menjadi kapsul, yaitu umbi yang dikeringkan kemudian ditumbuk halus, barulah dimasukkan ke dalam kapsul yang dapat dikonsumsi tiga kali sehari.

Baca Juga:  Mineral Seng (Zn), Zat Pencegahan Diare yang Utama

Mengingat binahong merupakan jenis obat yang dikategorikan sebagai obat herbal, maka dari itu, Anda harus telaten dan disiplin untuk mengkonsumsinya. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan hasil pengobatan yang maksimal. Terlebih lagi untuk penyakit dalam. dibutuhkan waktu kurang lebih satu hingga enam bulan.