Terapi Alami Menghadapi Flu di Musim Hujan

DokterSehat.com– Datangnya musim penghujan menjadi kewaspadaan yang berlipat dalam urusannya dengan kesehatan dan kebersihan lingkungan. Lingkungan yang lembab akan menimbulkan bakteri dan jenis kuman lainnya lebih mudah berkembang biak. Maka dari itu lingkungan pun harus lebih terjaga dengan selalu membiasakan sikap hidup yang sehat. Jika tidak serangan penyakit musim hujan seperti influenza; batuk dan pilek akan menyerang. Flu merupakan infeksi virus yang terjadi pada alat pernapasan seperti hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Sahingga kinerja alat-apat pernapasan tersebut terganggu. Terlebih lagi penyakit ini sangat mudah menular dan menyebar dari satu orang ke orang lainnya, melalui minuman, berbagai alat makan, kontak langsung, bersin, batuk, dan terutama tangan.

6

Influenza disebabkan virus RNA dari famili Orthomyxoviridae. Gejala yang ditimbulkan akibat virus ini dintaranya demam, badan menggigil, nyeri tenggorokan, sakit kepala, batuk-batuk, lelah dan lemah, dan badan terasa tidak nyaman. Maka dari itu, influenza harus segera diobati, agar tidak bertambah parah, dan virusnya menyebar. Ada beberapa cara alami yang mudah dilakukan untuk mengobati flu.

Perbanyaklah jumlah air putih yang dikonsumsi. Usahakan untuk minum lebih dari delapan gelas dalam sehari. Hal ini untuk menjaga agar tenggorokan bersih dari kuman penyebab flu. Air putih ini juga dapat dikonsumsi dengan kondisi hangat. Selain itu, konsumsi pula minuman hangat lainnya seperti teh atau minuman yang mengandung rempah, seperti wedang jahe, atau campuran kencur, jahe, kemangi, sereh yang dimasak, atau minuman madu campur jahe. Minuman hangat sangat berguna saat flu. Selain untuk mengganti cairan tubuh yang hilang, karena ada banyak cairan hilang yang keluar melalui  ingus, keringat, dan ludah. Air hangat juga dapat mengurangi mampet, mencegah dehidrasi, dan melegakan tenggorokan yang terrganggu. Selain itu, uap dari air panas sangat berguna untuk mengencerkan lendir.

Baca Juga:  Amerika Serikat Melarang Peredaran Sabun Anti-Bakteri

Mulailah beristirahat total saat anda terkena gejala flu. Dengan kondisi tubuh yang lelah dapat menyebabkan tubuh melemah. Maka dari itu dibutuhkan istirahat total untuk mengembalikan sistem kekebalan tubuh.

Perbanyak konsumsi buah dan sayuran. Saat kondisi tubuh melemah dibutuhkan asupan vitamin dan mineral untuk membantu mengembalikan kondisi tubuh dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Untuk membersihkan dan mengeluarkan cairan dalam hidung dapat digunakan dengan terapi bawang-bawangan. Bawang merupakan salah satu jenis rempah yang banyak dijadikan obat. Cara yang dilakukan adalah pegang bawang dan letakkan di bawah lubang dan hiruplah aromanya sekitar lima menit. Selain bawang dapat digunakan pula terapi uap tradisisonal. Caranya masukkan air panas ke dalam baskom, atau bisa juga ditambahkan dengan beberapa tetes minyak kayu putih, kunyit, jahe, atau rempah lainnya. Gunakan handuk untuk menutupi kepala, dan tempatkan wajah di atas baskom, dan hiruplah uap panas tersebut.

Aroma mint atau mentol juga dapat digunakan untuk mengtasi pilek. Oleskan minyak kayu putih atau balsam di dekat lubang hidung, tenggorokan, dan dada.

Saat mandi gunakan air hangat. Air ini akan menjaga tubuh tetap hangat, serta mempermudah keluarnya lendir.

Capcaisin sebagai senyawa kimia yang terkandung dalam cabai dapat digunakan sebagai terapi untuk membersihkan hidung. Konsumsi makanan seperti sup atau makanan berkuah yang mengandung cabai. Tentunya sajikan makanan tersebut dalam keadaan hangat.