Terapi Akupuntur untuk Wanita Menopouse

DokterSehat.Com – Ketika seorang wanita mengalami menopause, biasanya akan disertai dengan gejala-gejala yang mengganggu. Apalagi jika menopause datang bersamaan dengan perkembangan penyakit kronis lainnya.



Menopause merupakan akhir permanen dari menstruasi dan kesuburan. Menopause adalah proses biologis alami dan bukanlah penyakit medis. Meskipun demikian, gejala-gejala fisik dan emosional karena menopause dapat sangat mengganggu penderita.

Gejala-gejala fisik dan emosional dari menopause antara lain, seperti merasa tidak berenergi, serta memicu perasaan sedih dan kehilangan. Meskipun menopause bukanlah penyakit, namun terdapat pengobatan untuk gejala-gejala yang menyertainya.

Untuk meminimalkan resiko terjangkitnya serangan penyakit ini, ada baiknya jika dilakukan tindakan pencegahan seperti olahraga teratur, memperbanyak konsumsi vitamin dan mineral, merubah pola dan kebiasaan hidup serta melakukan terapi kesehatan. Beberapa jenis terapi yang bisa dipertimbangkan antara lain yoga, pilates atau bahkan akupuntur.

Jenis dan macam

Berikut beberapa jenis dan macam terapi akupuntur untuk wanita menopause :

  • Akupresur
    Accupresure atau akupresur adalah suatu jenis terapi akupuntur yang menggunakan teknik pemijatan atau penekanan pada titik refleksi atau titik meridian tertentu pada bagian tubuh, sehingga mempengaruhi aliran chi agar memperbaiki kinerja hormon dan enzym yang berguna untuk menyeimbangkan metabolisme tubuh. Menurut salah seorang praktisi akupuntur, dikatakan bahwa terapi accupresure untuk menopause dapat dilakukan pada titik meridian jantung, ginjal, hati, kelenjar limfe dan tri pemanas tubuh yang terdapat pada telapak kaki, telapak tangan atau telinga.
  • Akupunktur
    Accupuncture atau akupunktur adalah salah satu jenis terapi akupuntur yang menggunakan penusukan jarum pada titik meridian tertentu, baik titik meridian umum tubuh atau titik meridian khusus yang terletak pada telinga, tangan, kaki, muka, hidung ataupun klasik yang jumlahnya hampir mencapai 2000 titik.
Baca Juga:  Cara Menghilangkan Rambut Ketiak

Terapi akupuntur untuk wanita menopause dapat dilakukan dengan metode perangsangan kuat, penyungkitan atau bahkan metode osteopuncture pada selaput luar tulang yang kaya akan jaringan syaraf. Berbagai metode atau teknik akupuntur ini diterapkan berdasarkan jenis penyakit yang hendak dilakukan pengobatan.