Terapi Akupuntur untuk Penderita Kanker Leher Rahim

DokterSehat.Com – Kanker serviks atau yang disebut juga sebagai kanker mulut rahim merupakan salah satu penyakit kanker yang paling banyak ditakuti kaum wanita. Berdasarkan data yang ada, dari sekian banyak penderita kanker di Indonesia, penderita kanker serviks mencapai sepertiga nya. Dan dari data WHO tercatat, setiap tahun ribuan wanita meninggal karena penyakit kanker serviks ini dan merupakan jenis kanker yang menempati peringkat teratas sebagai penyebab kematian wanita dunia.



Kanker serviks menyerang pada bagian organ reproduksi kaum wanita, tepatnya di daerah leher rahim atau pintu masuk ke daerah rahim yaitu bagian yang sempit di bagian bawah antara kemaluan wanita dan rahim.

kanker serviks ini umumnya memerlukan waktu antara 10-15 tahun hingga terjadi serangan yang parah, untuk meminimalkan resiko terjadinya kanker serviks stadium parah yang mengharuskan tindakan pengangkatan rahim, tindakan pencegahan berupa pap smear, menghindari perilaku dan kebiasaan seksual yang tidak sehat serta  terapi akupuntur sebaiknya dipertimbangkan.

Jenis dan macam

Berikut beberapa jenis dan macam titik meridian atau titik accupuncture pada terapi akupuntur untuk penderita kanker leher rahim yaitu :

  • Kelenjar Limfe
    Metode perangsangan pada kelenjar limfe digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap inflamasi atau peradangan pada organ tubuh. Menurut seorang praktisi akupuntur, dikatakan bahwa titik meridian kelenjar limfe terdapat pada  pertengahan tepi luar telapak kaki kiri dan telapak tangan searah dengan jari kelingking.
  • Keputihan
    Titik meridian pengobatan keputihan terletak pada pangkal tepi luar telapak tangan searah dengan kelingking. Menurut jurnal kesehatan, dikatakan bahwa keputian yang tidak normal merupakan salah satu pemicu terjadinya kanker leher rahim, sehingga mengobati keputihan tak normal merupakan tindakan pencegahan kanker serviks.
  • Perangsangan Kuat
    Metode perangsangan kuat menggunakan jarum api ataupun jarum darah pada titik accupuncture umum kelenjar limfe, ginjal, hati dan tri pemanas tubuh yang terletak pada ruas tulang belakang, tangan serta kaki berguna untuk memproduksi zat anti-toksin maupun anti-radang. Zat anti-radang berguna untuk mengurangi resiko meluasnya serangan kanker serviks.
Baca Juga:  Mengenal Kanker Ovarium

Demikianlah jenis dan macam titik meridian atau titik accupuncture pada terapi akupuntur untuk penderita kanker leher rahim yang bisa dilakukan, lakukan hal ini pada terapist yang telah berpengalaman.