Terapi Akupuntur untuk Osteoporosis

DokterSehat.Com – Bagi sebagian besar wanita, memasuki masa menopause dianggap sebagai suatu keadaan yang sangat menakutkan. Hal ini disebabkan penurunan fungsi dan kondisi kelenjar hormonal yang tidak lagi mendukung segala aktifitas keseharian. Menurut beberapa staff medis, dikatakan bahwa menopause merupakan suatu kejadian dimana hormon esterogen yang berfungsi mengendalikan segala proses metabolisme tubuh telah berhenti diproduksi tubuh, sehingga berpotensi meningkatkan gangguan kesehatan seperti osteoporosis, hipertensi, penyakit kardiovaskular, serta ostheoarthritis atau nyeri sendi.



Untuk meminimalkan resiko terjangkitnya serangan penyakit ini, ada baiknya jika dilakukan tindakan pencegahan seperti olahraga teratur, memperbanyak konsumsi vitamin dan mineral, merubah pola dan kebiasaan hidup serta melakukan terapi kesehatan. Beberapa jenis terapi yang bisa dipertimbangkan antara lain yoga, pilates atau bahkan akupuntur.

Berikut beberapa jenis dan macam titik meridian terapi akupuntur untuk osteoporosis menurut salah seorang praktisi akupuntur, yaitu :

  • Organ pemanasan
    Osteoporosis tidak hanya disebabkan karena kurangnya asupan kalsium, fosfor atau vitamin D saja, tetapi sebagian besar dipicu oleh kurang optimalnya kinerja organ pencernaan seperti usus halus dan usus besar dalam penyerapan unsur penyusun tulang tersebut. Titik meridian organ penyerapan makanan ini terdapat pada bagian tengah telapak kaki kiri dan kanan, serta sepanjang tepi luar jari tengah hingga jari manis pada telapak tangan kanan dan kiri.
  • Tri pemanas
    Dalam ilmu akupuntur, dikenal titik meridian tri pemanas tubuh yang berperan penting dalam pemeliharaan kesehatan kelenjar endokrin yang mengatur produksi hormon, enzym atau berbagai proses metabolisme tubuh, termasuk diantaranya reseptor penerimaan kalsium dalam organ pencernaan ataupun sistem transportasi. Meridian tri pemanas juga berhubungan dengan kelenjar hipothalamus di otak, sedangkan titik meridian tri pemanas terdapat pada pangkal jari tengah telapak kaki kiri dan kanan, serta pada pangkal telinga bagian dalam.
Baca Juga:  Bahaya Makan Beras Sintetis, dari Gagal Ginjal hingga Kanker

Demikianlah beberapa jenis dan macam titik meridian terapi akupuntur untuk osteoporosis yang bisa dilakukan sendiri dengan penggunaan teknik accupresure atau pemijatan. Agar lebih optimal, imbangi juga terapi ini dengan mengkonsumsi asupan makanan yang tinggi kadar kalsium dan fosfor serta melakukan olahraga pagi untuk proses pembentukan vitamin D yang merupakan katalisator penyerapan kalsium.