Terapi Akupuntur untuk Memperbaiki Siklus Haid

DokterSehat.Com – Infertilitas atau ketidaksuburan, sebenarnya bukan hanya permasalahan kaum lelaki saja, tetapi pada kenyataannya kaum perempuan juga dapat mengalami permasalahan serupa. Menurut salah seorang staff medis yang berdinas di sebiuah rumah sakit di Jawa Timur, dikatakan bahwa permasalahan infertilitas pada perempuan sebagian besar disebabkan terjadinya gangguan pada organ reproduksi, termasuk diantaranya gangguan siklus haid yang tidak teratur.



Gangguan siklus haid yang terjadi ini akan memperkecil peluang terjadinya pembuahan sel telur oleh sperma, sehingga bagi pasangan yang hendak mendambakan anak, gangguan ini harus diatasi dengan segera. Masih menurut sumber yang sama, dikatakan bahwa, metode terapi hormonal baik melalui konsumsi obat oral ataupun injeksi hormon merupakan salah satu kiat terapi yang bisa dilakukan. Namun demikian, selain penggunaan terapi hormonal, terdapat juga alternatif lain yang bisa dilakukan yaitu melalui terapi akupuntur untuk memperbaiki siklus haid. Bagaimana cara melakukannya?

Berikut beberapa kiat dan tips cara melakukan terapi akupuntur untuk memperbaiki siklus haid :

  • Tri pemanas
    Tri pemanas tubuh merupakan bagian dari sistem meridian yang berguna untuk menjaga dan mempertahankan keseimbangan hormonal pada tubuh, sehingga kelenjar hormonal dapat berfungsi optimal. Meridian tri pemanas terletak di bawah kuku jari manis, pangkal ruas jari tengah telapak kaki kiri dan kanan.
  • Organ reproduksi
    Menurut salah seorang praktisi akupuntur di Surabaya, dikatakan bahwa titik meridian organ reproduksi berada pada bagian tumit telapak kaki kanan dan kiri, tepi luar punggung kaki kiri bagian bawah,  pangkal sisi dalam kaki kiri dan kanan serta pada pangkal telapak tangan kiri dan kanan. Lakukan teknik accupresure atau pemijatan pada titik meridian tersebut.
  • Accupuncture dan osteopuncture
    Teknik accupuncture atau penusukan jarum dapat dilakukan dengan teknik osteopuncture pada selaput luar tulang yang kaya akan jaringan syaraf dan dilakukan pada ruas tulang punggung. Masih menurut sumber yang sama, dikatakan bahwa osteopuncture dapat dilakukan pada ruas ke 22 dan 23, yaitu ruas tulang punggung paling bawah mendekati tulang ekor.