Terapi Akupuntur Untuk Mata Juling

DokterSehat.Com – Mata juling atau strabismus adalah kondisi dimana mata tidak sejajar satu dengan lainnya, contohnya satu mata tampak melihat lurus sedangkan mata lainnya tampak melihat kearah lain. kondisi ini dapat terjadi pada usia manapun. Mata yang juling dapat mengarah ke dalam (konvergen), keluar (divergen), atau satu mata lebih tinggi dari mata lainnya. Strabismus dapat menyebabkan penurunan binocular atau penglihatan stereo (3D), dan strabismus pada anak dapat berkembang menjadi mata malas (ambliopia).



Untuk mengatasinya, tindakan bedah sepertinya bisa dilakukan, namun tentu saja memerlukan biaya yang relatif besar dan terkadang hasilnya kurang memuaskan. Terapi akupuntur untuk mata juling merupakan tindakan alternatif yang relatif aman asalkan dilakukan secara sistemik

Kiat dan tips

Menurut salah seorang ahli acupuncture yang membuka praktek di kawasan Surabaya, dikatakan bahwa terapi akupuntur untuk mata juling bisa dilakukan dengan beberapa teknik dan metode, tergantung dari keadaan strabismus, penyebabnya serta usia penderita, yaitu :

  • Jarum Listrik
    Penggunaan metode jarum listrik Electro-Accupuncture Therapy pada titik akupunktur atau meridian mata yang dikehendaki misalnya pada area kepala dan sekitar wajah berguna untuk memberikan stimulasi rangsangan terhadap otot atau syaraf mata yang mengalami gangguan.
  • Jarum Kulit
    Penggunaan jarum kulit atau plum blossom needle pada titik meridian syaraf mata yang terletak di atas alis, berguna untuk mengatasi kelelahan mata akibat kontraksi otot dan syaraf mata yang mengalami gangguan. Penggunaan jarum kulit ini biasanya diperuntukkan untuk usia anak-anak.
  • Jarum Tumpul
    Penggunaan jarum tumpul pada meridian mata yang terletak pada telinga bagian bawah selama beberapa menit, berguna untuk memberikan rangsangan syaraf mata. Penggunaan jarum tumpul ini biasanya dilakukan dengan sedikit rangsangan pemutaran atau getaran agar memicu rangsang listrik pada sinapsis mata.
  • Perangsangan arus listrik
    Metode acupunctur dengan perangsangan listrik pada permukaan kulit bisa saja dilakukan pada titik yang dikehendaki, namun hal ini dilakukan apabila keadaan strabismus yang terjadi sudah dalam keadaan yang parah atau kondisi kedua bola mata sudah tidak lagi pada fokus yang tepat.
Baca Juga:  Hati-hati Komputer Dan Laptop Sebabkan Katarak

Demikianlah beberapa kiat dan tips terapi akupuntur untuk mata juling yang bisa dilakukan. Namun demikian, akan lebih baik apabila terapi ini dilakukan oleh ahli yang berpengalaman untuk menghindari kemungkinan resiko kesalahan penggunaan jarum.