Terapi Akupuntur Untuk Leukemia

DokterSehat.Com – Leukemia atau yang lebih dikenal sebagai kanker darah adalah salah satu jenis penyakit kanker. Leukemia disebabkan karena meningkatnya jumlah sel darah putih dalam darah atau sumsum tulang.



Sehingga sebagian besar sel darah yang diproduksi melalui sumsum tulang ini memiliki keabnormalan sifat dan jenis dibandingkan dengan sel darah normal. Ketidaknormalan sel reproduksi darah ini juga memicu produksi leukosit yang lebih banyak dibandingkan batas normal, sehingga leukemia biasanya ditandai dengan meningkatnya kadar leukosit dalam darah.

Berikut beberapa keuntungan dan jenis metode terapi akupuntur untuk leukemia sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu :

  • Aman
    Walaupun kemoterapi dan radiasi dianggap sebagai solusi terbaik mengatasi leukemia, namun beberapa jurnal medis mengatakan bahwa justru metode kemoterapi dan radiasi ini berpotensi meningkatkan resiko keparahan leukemia yang dialami, seperti yang terjadi pada sebagian besar penduduk Jepang akibat radiasi bom atom yang dijatuhkan saat dan pasca perang dunia ke-dua.
  • Mudah dan efisien
    Dibandingkan dengan pencangkokan sumsum tulang yang harus menemukan donor yang tepat atau harus menunggu proses pembiakan jaringan stem cell yang sehat, terapi akupuntur dirasakan lebih mudah karena tidak perlu menghabiskan waktu untuk mencari donor sumsum tulang yang memiliki tipe darah yang sama atau menunggu keberhasilan proses pembiakan stem cell.
  • Accupuncture
    Menurut salah seorang praktisi akupunktur yang membuka praktek di kawasan Surabaya, dikatakan bahwa metode penjahitan, penanaman, pengikatan simpul serta perangsangan kuat pada titik-titik accupuncture khusus seperti pada ruas tulang belakang, kelenjar limfe, lever, tri pemanas tubuh serta kelenjar hipothalamus secara berkala dan sistemik, berguna untuk mencegah terjadinya ketidaknormalan reproduksi sel darah.