Terapi Akupuntur untuk Cacat Mata

DokterSehat.Com – Mata adalah organ yang tubuh yang paling penting dalam seluruh askep kehidupan kita karena mata adalah jendela dunia dan mata adalah sumber segala keindahan, namun mata juga dapat terjadi gangguan dan penyakit.



Penyakit atau gangguan mata dapat dikategorikan dalam berbagai jenis, seperti katarak, glaukoma, mata minus, peradangan pada konjungtivitas mata, kekeringan pada mata, rabun senja, permasalahan pada lensa mata atau retina sehingga membuat penglihatan kita menjadi bercabang atau timbul bulatan hitam pada pandangan kita, rabun jauh, infeksi atau nyeri pada kelopak mata, pengeluaran air berlebihan bahkan sampai terjadi kebutaan pada mata.

Agar kelainan atau cacat mata ini tidak berkembang menjadi lebih parah, ada baiknya segera dilakukan tindakan pengobatan ataupun pencegahan. Salah satu tindakan pencegahan dan pengobatan yang efektif adalah penggunaan terapi akupuntur untuk cacat mata. Namun demikian, tidak semua cacat mata dapat diobati dengan tindakan akupuntur, sehingga perlu juga diketahui tips dan trik sebelum memutuskan penggunaan terapi ini.

Tips dan trik

  • Usia
    Penggunaan terapi akupuntur untuk memperbaiki cacat mata seperti rabun jauh atau silindris hanya efektif dilakukan ketika usia penderita belum mencapai usia 19 tahun. Ketika usianya sudah mencapai diatas 19 tahun sel-sel syaraf pada mata sudah mengalami penurunan fleksibilitas untuk memperbaiki terjadinya kelainan mata.
  • Katarak
    Katarak pada mata adalah suatu kejadian timbulnya selaput tipis yang mengganggu fungsi penglihatan mata, katarak hanya dapat disembuhkan dengan mengangkat lapisan tipis tersebut dengan pembedahan ringan. Akupuntur hanya efektif untuk mencegah timbulnya katarak dan bukan mengobati.
  • Glaukoma
    Glaukoma merupakan salah satu kelainan ataupun cacat mata yang diakibatkan oleh penyakit diabetes, glaukoma dapat disembuhkan dengan terapi akupuntur dengan terlebih dahulu mengobati penyakit diabetes yang dialami.
  • Kombinasi
    Kombinasikan teknik akupuntur dengan terapi lain yang berguna untuk merangsang kinerja syaraf mata agar hasilnya lebih optimal.
Baca Juga:  Cara Memanjangkan Bulu Mata secara Alami

Akan lebih baik apabila terapi akupuntur untuk cacat mata juga diimbangi dengan konsumsi makanan ataupun minuman yang memiliki kandungan vitamin A yang tinggi agar kesehatan mata tetap terpelihara.