Terapi Akupuntur Bagi Kesehatan

Dokter Sehat – Akupuntur adalah terapi alternatif untuk masalah yang sering dialami para wanita, namun sesungguhnya akupuntur biasa menjadi solusi untuk pemecahan penyakit apa saja. Terapi akupuntur berasal dari negeri Cina, sebuah warisan kerarifan budaya lokal negeri bambu tersebut. Pola pengobatan holistik adalah dasar dari pengobatan akupuntur yang memandang manusia sebagai satu kesatuan yang utuh, yaitu tubuh pikiran, dan roh. Pengobatan akupuntur bertujuan untuk menyeimbangan hormoni alam dari setiap individu sesuai dengan lingkungannya.



Orang-orang Cina sendiri menyebut terapi akupuntur dengan Cenciu, yaitu tusuk jarum. Terapi akupuntur bukanlah terapi dengan khasiat mengubah yang sudah ada, misalnya setelah ditusuk jarum kemudian dia berubah menjadi belia. Tidak sama sekali, terapi akupuntur memaksimalkan yang sudah ada dalam tubuh kita, menotok aliran chi dalam tubuh kita teraliri dengan benar.

Untuk menjaga, mengobati dan mempertahankan keseimbangan Qi (energi) dalam tubuh kita adalah prinsip dasar akupuntur. Terapi akupuntur ini membuka aura positif dalam diri kita dengan menjaga kondisi seleuruh tubuh agar tetap sehat luar dan dalam. Lamanya proses tusuk jarum untuk kesehatan biasanya selama tiga puluh menit sampai satu jam dalam sekali perawatan.

Manfaat akupuntur bagi kesehatan :

1. Migran
Penderita migrain seringkali mengeluhkan rasa sakit dan dibarengi dengan rasa berkunang-kunang atau bahkan buta sementara, hal ini tentunya sangat mengganggu dan menyakitkan. Akupunktur bisa membantu mengurangi rasa sakit akibat migrain sekaligus memberikan efek yang positif pada tubuh pasien.

2. Insomnia
Insomnia adalah masalah kesehatan yang dialami oleh banyak orang di seluruh dunia, salah satu penyebabnya biasanya adalah stres atau genetik. Meski begitu, obat yang digunakan untuk mengatasi insomnia biasanya menyebabkan efek samping yang tidak nyaman. Di sisi lain, penelitian terbaru menunjukkan bahwa akupunktur bisa membantu memberikan bantuan untuk mengatasi kesulitan tidur dan insomnia. Manfaat tambahan yang diberikan oleh akupunktur adalah tidak adanya efek samping pada pasien.

Baca Juga:  Khasiat Belimbing Bagi Kesehatan Tubuh Kita

3. Angina
Angina adalah salah satu masalah kesehatan yang menyebabkan rasa sakit pada dada, hal ini biasanya disebabkan oleh aliran darah yang terhambat pada jantung. Elektro-akupunktur adalah salah satu cara efektif yang bisa mengatasi angina, jika menggunakan daya baterai, elektro-akupunktur ini sepenuhnya aman dan tidak menyebabkan efek samping.

4. Sindrom carpal tunnel
Sindrom carpal tunnel adalah salah satu kelainan medis yang menyebabkan mati rasa pada jari-jari tangan, biasanya penyakit ini diikuti dengan rasa sakit pada bagian siku, pergelangan tangan, dan telapak tangan. Akupunktur diketahui sebagai salah satu cara efektif untuk menyembuhkan sindrom ini, penelitian telah menunjukkan bahwa akupunktur bisa mengurangi berbagai gejala penyakit ini sekaligus pembengkakan dan rasa sakit yang biasanya menyertai sindrom carpal tunnel.

5. Pria tidak subur
Beberapa penelitian mengungkap bahwa melakukan akupunktur juga bisa membantu pria meningkatkan kesuburan mereka, berdasarkan penelitian terbaru, akupunktur membantu meningkatkan jumlah sperma dan menurunkan risiko kelainan struktural yang menyebabkan pria tidak subur. Selain itu, perawatan menggunakan akupunktur juga tidak menimbulkan efek samping seperti menurunkan gairah seksual pria.

6. Tekanan darah tinggi
Akupunktur juga diketahui sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi, caranya adalah dengan menyasar bagian tubuh yang menyebabkan tekanan darah tinggi seperti membuat jantung lebih rileks dan menurunkan tekanan saat jantung berkontraksi atau relaksasi.