Tepung Tapioka Ternyata Memiliki Banyak Manfaat Sehat Bagi Kesehatan

DokterSehat.Com– Tepung tapioka adalah salah satu bahan makanan yang kerap digunakan saat kita ingin membuat kue atau makanan lainnya. Tepung yang terbuat dari pati singkong ini dikenal mampu memberikan sensasi rasa manis dan gurih pada makanan. Tak disangka, tepung tapioka ternyata memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Apa sajakah manfaat kesehatan tersebut?



Mampu meningkatkan produksi sel darah merah
Pakar kesehatan menyebutkan bahwa di dalam tepung tapioka ternyata ada kandungan zat besi dan tembaga. Kedua nutrisi ini sangatlah baik bagi kesehatan darah kita. Jika kita rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung tepung tapioka, maka kita akan membuat darah semakin sehat sehingga semua bagian tubuh akan mendapatkan asupan oksigen dengan cukup. Kita pun tidak akan mudah terkena masalah anemia.

Membuat tulang dan otot menjadi semakin kuat
Tepung yang terbuat dari pati singkong ini ternyata juga kaya akan kandungan protein dan vitamin K. Sebagai informasi, kedua nutrisi ini ternyata sangat baik dalam mendukung kepadatan tulang serta kesehatan otot. Tak hanya membuat otot dan tulang kuat, konsumsi tepung tapioka juga akan membuat sendi kita terjaga kekuatan dan kelenturannya.

Membuat sistem pencernaan tetap sehat
Di dalam tepung tapioka ternyata terdapat kandungan serat yang tinggi. Pakar kesehatan menyebutkan bahwa kandungan serat dalam tepung ini bisa membersihkan usus sehingga akan membuat sistem pencernaan tetap sehat sekaligus menurunkan resiko kanker usus dengan signifikan.

Aman dikonsumsi oleh mereka yang terkena hipertensi
Tepung tapioka dikenal luas sebagai bahan makanan yang aman dikonsumsi bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi karena memang tepung ini hanya memiliki sedikit sodium. Tepung ini juga tidak memiliki kandungan lemak jahat yang bisa meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Tak hanya itu, tepung tapioka ternyata bisa digunakan sebagai bahan makanan bebas gluten bagi mereka yang ingin mengganti tepung lain sebagai bahan kue atau bahan makanan lainnya.