Teofilin – Kehamilan dan Menyusui, dan Penyimpanan (3)

Nama: Teofilin



Kehamilan dan Menyusui
Keamanan untuk kehamilan: kategori C

Jenis kategori obat untuk kehamilan:

  • Kategori A: secara umum dapat diterima, telah melalui penelitian pada wanita-wanita hamil, dan menunjukkan tidak ada bukti kerusakan janin
  • Kategori B. mungkin dapat diterima oleh wanita hamil, telah melalui penelitian pada hewan coba namun belum ada bukti penelitian langsung pada manusia.
  • Kategori C: digunakan dengan hati-hati. Penelitian pada hewan coba menunjukkan risiko dan belum ada penelitian langsung pada manusia
  • Kategori D: digunakan jika memang tidak ada obat lain yang dapat digunakan, dan dalam kondisi mengancam jiwa.
  • Kategori X: jangan digunakan pada kehamilan.
  • Kategori NA: tidak ada informasi

Pada ibu menyusui, obat dapat diekskresikan melalui ASI, dan dapat menunjukkan iritabilitas atau tanda lain dari toksisitas ringan untuk bayi menyusui; efek samping serius pada bayi tidak jelas, kecuali ibu menunjukkan konesntrasi teofilin serum toksik.

Penyimpanan

Simpan pada suhu kamar antara 59-86 derajat F (15-30 derajat C) dan jaga dari cahaya dan kelembaban. Jangan simpan di kamar mandi. Jauhkan semua obat jauh dari anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat ke dalam toilet atau dituangkan ke dalam saluran kecuali diperintahkan untuk melakukannya. Buang produk ini ketika kedaluwarsa atau tidak lagi diperlukan. Konsultasikan apoteker atau pembuangan limbah lokal untuk rincian lebih lanjut tentang cara aman membuang produk ini.