Tendinitis – Pengertian, Penyebab, dan Gejala

Tendinitis adalah radang tendon. Tendon adalah tali dari jaringan ikat yang kuat dan berserat yang melampirkan otot ke tulang. Kondisi ini mungkin juga melibatkan selubung tendon, biasanya dekat dengan tempat tendon bergabung dengan otot. Tendinitis juga secara informal dieja tendonitis.

Tendinitis-doktersehat

Tendon umumnya struktur sehat yang tampak berkilau putih hingga mata telanjang. Jika Anda pernah memotong hewan kurban, tendon adalah pita keras yang Anda potong untuk mendapatkan tulang dan otot-otot stik drum agar terpisah.

Penyebab
Penyebab paling umum dari tendinitis adalah penggunaan berlebihan dan gerakan berulang dari aktivitas rekreasi, atletik, atau pekerjaan. Faktor risiko tendonitis meliputi gerakan berulang, trauma, cedera termal pada tendon, penggunaan antibiotik tertentu (seperti levofloxacin dan ciprofloxacin), dan merokok. Tendinitis juga bisa terjadi pada orang dengan penyakit seperti rheumatoid arthritis, obesitas, dan diabetes.

Ini adalah beberapa bentuk tendinitis yang lebih umum:

Epicondylitis medial (siku pegolf, siku baseball, siku koper) disebabkan oleh pembengkakan tendon yang menempel pada epikondilus medialis siku. Jika Anda meletakkan tangan ke samping dengan telapak tangan menghadap ke depan, epikondilus medial adalah bagian tulang siku yang paling dekat dengan tubuh Anda. Gerakan berulang yang melibatkan fleksi dan rotasi pergelangan tangan dapat menyebabkan tendinitis siku ini.

Epicondylitis lateral (siku tenis) disebabkan oleh peradangan pada tendon yang menempel pada epikondilus lateral siku. Jika Anda meletakkan tangan ke samping dengan telapak tangan menghadap ke depan, epikondilus lateral adalah bagian tulang siku yang paling jauh dari tubuh Anda. Gerakan berulang yang melibatkan perpanjangan dan putaran pergelangan tangan dapat menyebabkan tendinitis siku ini.

Tendinitis rotator cuff (bahu perenang, bahu tenis, bahu pitcher) disebabkan oleh olah raga yang membutuhkan gerakan lengan di atas kepala berulang kali. Gerakan berulang ini menyebabkan peradangan pada rotator cuff, sekelompok otot yang mengendalikan rotasi bahu. Tendon supraspinatus, infraspinatus, teres minor, dan subscapularis membentuk tendon rotator cuff.

Klasifikasi tendinitis disebabkan oleh endapan kalsium pada tendon manset rotator.

Baca Juga:  Tendinitis, Peradagan Otot tendon

Tendonitis bicipital adalah radang tendon yang menempel pada otot biseps (terletak di bagian depan lengan) ke bahu. Kenakan dan robek dari waktu ke waktu atau penggunaan berlebihan merupakan penyebab umum tendinitis bicipital.

Tendinitis patela (lutut jumper) adalah radang tendon patella yang menempel pada tempurung lutut ke tibia. Patela tendinitis disebabkan oleh gerakan melompat atau berlari.

Tendinitis popliteus adalah bentuk tendinitis di balik lutut yang disebabkan oleh berlari atau berjalan di jalan turunan.

Tendinitis achilles disebabkan oleh menurunnya jalan, lompat, atau aktivitas lain yang dapat menyiksa otot betis.

Tendonitis peroneum adalah radang tendon yang terletak di sisi pergelangan kaki dan kaki. Hiking yang berlebihan, tenis, atau banyak kegiatan lainnya dapat menyebabkan tendonitis peroneal.

Tenosinovitis de Quervain adalah peradangan tendon yang menyakitkan di sisi ibu jari pergelangan tangan. Tenosinovitis De Quervain disebabkan oleh gerakan berulang pergelangan tangan dan tangan, seperti mengangkat anak-anak kecil dari bawah ketiak mereka.

Picture of the metatarsal (foot) and calcaneus (heel) bones, the plantar fascia ligament, and the Achilles tendon of the lower leg and foot

Gejala dan tanda
Tendinitis menyebabkan nyeri pada tendon yang terkena. Rasa sakit biasanya memburuk dengan gerakan berulang, tapi juga bisa hadir saat istirahat. Ada juga pembengkakan ringan pada tendon.

Tendinitis – Halaman Selanjutnya: 1 2 3