Temulawak, Bahan Alami yang Kaya Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

DokterSehat.Com – Salah satu bahan rempah-rempah yang dikenal luas oleh masyarakat Indonesia adalah temulawak. Menurut pakar kesehatan, temulawak yang memiliki nama latin curcuma xanthorhiza roxb ini memiliki beragam manfaat yang sangat baik bagi tubuh kita. Apa sajakah manfaat dari temulawak tersebut?



Menambah nafsu makan
Temulawak sudah dikenal luas sebagai penambah nafsu makan bagi anak-anak agar mereka bisa makan dengan lahap dan tercukupi kebutuhan gizinya sehingga perkembangan tubuhnya pun bisa maksimal. Tak hanya dibuat sebagai jamu, beberapa jenis obat-obatan penambah nafsu makan juga menggunakan bahan alami ini.

Mengobati gangguan pencernaan
Beberapa jenis penyakit layaknya kembung, diare, atau bahkan dyspepsia ternyata bisa diobati dengan bahan alami ini. Sebuah penelitian yang hasilnya diterbitkan dalam jurnal berjudul Clinical Gastroenterology and Hepatology pada tahun 2006 lalu menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi jamu temulawak secara teratur, kondisi pasien yang mengalami gangguan pencernaan cenderung semakin semakin membaik.

Mengatasi kram perut saat haid
Banyak wanita yang mengaku sangat menderita dengan rasa nyeri perut tatkala fase menstruasi tiba. Beruntung, dengan meminum jamu temulawak, maka rasa nyeri ini bisa berangsur-angsur mereda.

Mengatasi masuk angin
Pakar kesehatan menyebutkan jika kandungan di dalam temulawak ternyata memiliki kemampuan dalam mengobati masuk angin sekaligus sakit kepala. Dengan meminum dua hingga tiga gelas jamu temulawak, maka sakit kepala dan masuk angin pun akan mereda.

Membantu pengobatan kanker
Dalam sebuah jurnal kesehatan yang berjudul The Prostate, diketahui bahwa temulawak ternyata memiliki kandungan aktif yang mampu membantu pengobatan kanker layaknya kanker payudara, kanker prostat, hingga kanker usus. Penelitian lain yang dilakukan oleh pakar kesehatan dari University of Maryland Medical Center juga menyebutkan jika nutrisi di dalam temulawak bisa membunuh perkembangan sel kanker dengan efektif.