Jangan Mengajak Bayi Baru Lahir ke Tempat-Tempat Ini

doktersehat tempat bahaya bagi bayi baru lahir
Designed by Freepik.com

DokterSehat.Com– Sejak kelahiran bayi, ibu pasti akan menghabiskan waktu bersama si kecil selama 24 jam. Terkadang si kecil belum bisa ditinggal atau dititipkan ke pengasuh atau keluarga sehingga ibu harus mengajak serta si kecil bepergian.

Tempat-tempat yang tidak aman bagi bayi baru lahir

Bepergian bersama bayi baru lahir sebenarnya boleh-boleh saja, namun ada beberapa tempat yang sebaiknya Anda hindari untuk menjaga kesehatan di kecil. Beberapa tempat tersbeut antara lain:

1. Rumah sakit

Usia bayi masih membutuhkan pemeriksaan dan imunisasi rutin setiap beberapa bulan sekali. Terkadang mengajak si kecil ke rumah sakit adalah pilihan yang tepat karena rumah sakit memiliki fasilitas lengkap. Namun perlu diingat bahwa rumah sakit adalah tempat yang tidak steril. Banyak kuman yang tidak kita sadari bisa menempel pada pakaian kita dan si kecil.

Untuk lebih amannya, bawa anak periksa atau imunisasi ke tempat praktik pribadi dokter anak Anda. Jika terpaksa ke rumah sakit, maka segera mandikan dan ganti baju anak setibanya di rumah untuk menghindari risiko terkena virus dan kuman.

2. Salon

Banyak ibu yang tak sabar ingin melakukan perawatan kecantikan setelah melahirkan. Karena perawatan di salon umumnya memakan waktu lama, tak sedikit ibu yang mengajak si kecil untuk turut serta. Padahal salon bukanlah tempat yang aman bagi bayi karena banyak zat kimia bertebaran berbentuk uap yang dapat dihirup si kecil.

3. Bioskop

Sebagai pecinta film, Anda pasti ingin segera membawa si kecil ke bioskop untuk menemani Anda nonton. Namun bayi baru lahir sebaiknya tidak dibawa ke bioskop karena frekuensi suara di bioskop dapat mengganggu pendengaran bayi. Selain itu bayi juga dapat kaget dan menangis mendengar suara di bioskop sehingga mengganggu penonton yang lain.

4. Acara pernikahan

Orang tua pasti ingin mengajak si kecil untuk menghadiri acara pernikahan anggota keluarga. Namun pertimbangkan jika si kecil rewel dan tangisannya dapat mengganggu suasana khidmat pernikahan tersebut. Selain itu, acara pernikahan akan terasa bising bagi bayi.

5. Pasar

Ibu tidak bisa lepas dari kebutuhan harian rumah tangga. Untuk memenuhinya, tentu ibu perlu berbelanja ke pasar. Namun jika memiliki bayi yang masih dalam hitungan hari atau bulan, sebaiknya hindari membawanya berbelanja ke pasar. Pasar merupakan tempat yang tidak higienis dan banyak mengandung kuman.