Telur Yang Kaya Nutrisi Bagi Tubuh

DokterSehat.Com – Kita tentu sering mendengar mitos dimana jika kita berlebihan mengkonsumsi telur, khususnya jika kita mengkonsumsinya setiap hari, kita bisa mendapatkan wajah yang penuh jerawat atau bahkan bisul di berbagai tempat di tubuh. Mitos ini ternyata masih belum bisa dibuktikan kebenarannya. Telur memang memiliki kandungan protein yang tinggi, namun, banyak atlet yang mengkonsumsi banyak telur juga tidak mengalami bisulan dengan mudah. Satu hal yang pasti, telur sangat baik untuk kesehatan tubuh mengingat telur kaya akan protein, kalsium, hingga zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh.

doktersehat-telur

Meskipun dianggap sebagai bahan makanan yang kaya akan protein, telur justru memiliki kandungan kalori yang cenderung rendah, yakni sekitar 70 dan 80 kalori untuk seetiap butirnya saja. Hal ini berarti andai kita memakan tiga butir telur yang disajikan dengan makanan berkarbohidrat layaknya nasi atau roti, maka kita sudah bisa menahan rasa kenyang untuk waktu yang lama, namun dengan kandungan kalori yang seimbang. Hal ini berarti telur juga menjadi jawaban bagi mereka yang ingin menjaga berat badan agar tetap seimbang, sebuah fakta yang sangat berkebalikan dimana banyak orang justru berpikir telur sebagai salah satu penyebab kegemukan. Jika anda rajin mengkonsumsi telur sebagai asupan harian, anda bahkan bisa menurunkan kalori hingga 400 kalori per hari sehingga berat badan pun bisa turun setidaknya 1 hingga 2 kg per hari.

Telur memang kaya protein, namun, tahukah anda jika telur juga kaya akan vitamin B2, vitamin B 12, dan juga vitamin E. Kandungan vitamin-vitamin tersebut membantu tubuh mampu mengubah makanan menjadi energi dengan lebih baik. Disamping itu, produksi sel darah merah dan juga vitamin A bagi kesehatan mata juga menjadi lebih lancar. Adanya vitamin E juga membantu tubuh melawan radikal bebas dan juga memperbaiki sel dengan efektif. Telur juga kaya mineral yang membantu menguatkan sistem imun dan juga memperkuat tulang dan gigi.

Baca Juga:  Apa itu Hemofilia?

Dengan begitu banyaknya kebaikan telur, apakah anda masih ragu untuk mengkonsumsi telur meskipun hanya untuk lauk yang lezat di pagi hari? Disamping sehat, kini juga banyak jenis masakan yang bisa kita kombinasikan dengan telur sehingga kita bisa mendapatkan asupan sehat bagi tubuh kita. Jadi, mari kita mengkonsumsi telur!