Telur Sebaiknya Disimpan di Dalam Kulkas atau Tidak?

DokterSehat.Com – Kita tentu pernah mendengar saran dari beberapa pakar kesehatan dan pakar gizi yang tidak merekomendasikan telur untuk disimpan di dalam kulkas. Namun, melihat dari isi kulkas yang bahan menyediakan tempat telur di gagang pintu, kita tentu akan berpikir ulang apakah telur sebenarnya benar-benar tidak diperbolahkan untuk disimpan di dalam kulkas? Ternyata jawaban dari pertanyaan ini bergantung dari lokasi geografis tempat tinggal kita.

doktersehat-telur

Tidak seperti telur-telur yang tersedia di toko-toko atau bahkan supermarket di Indonesia yang cenderung masih dalam kondisi yang kotor. Telur yang terdapat di Amerika Serikat ternyata sudah dibersihkan oleh produsen atau setidaknya distributor dari telur-telur tersebut. Alhasil, telur ini bisa segera disimpan di dalam kulkas dalam suhu yang dingin karena kondisinya yang sudah bersih. Pakar kesehatan menyebutkan jika telur-telur yang sudah dicuci akan sangat baik untuk disimpan di dalam kulkas mengingat suhu yang dingin akan ikut mencegah penyebaran dari bakteri salmonella yang memang banyak diderita oleh ayam karena berasal dari pupuk kandang. Padahal, bakteri salmonella ini ikut bertanggung jawab terhadap 79 ribu lebih kasus penyakit yang diakibatkan oleh konsumsi makanan tercemar dan memicu setidaknya kematian bagi 39 orang setiap tahunnya, begitu kata dari US Food and Drug Administration atau FDA.

Sayangnya, mencuci telur juga menyebabkan kutikula pelindung telur yang sebenarnya menghalangi masuknya bakteri salmonella menjadi rusak dan bakteri ini pun akan menjadi lebih mudah mencemari kandungan di dalam telur. Karena alasan inilah otoritas kesehatan Eropa, khususnya Inggris, sangat tidak merekomendasikan pencucian telur sehingga telur pun masih dalam keadaan yang kotor dan tidak dimasukkan di dalam kulkas.

Baca Juga:  Diet Semakin Efektif Dengan Menerapkan Tips-Tips Sederhana Berikut Ini

Bagi masyarakat Indonesia sendiri, menyimpan telur di pintu kulkas sebenarnya tidak direkomendasikan karena suhu pada bagian kulkas ini tidak stabil. Andai ingin menempatkan telur di pintu kulkas, tempatkan di bagian yang suhu dinginnya konstan sehingga menurunkan resiko pencemaran dari bakteri salmonella.