Telur Juga Bermanfaat Untuk Kulit dan Otak

Doktersehat.com – Banyak orang merasa was-was saat akan menyantap telur ayam karena telur dipercaya dapat meningkatkan kadar kolesterol pada tubuh. Sebenarnya tidak semua bagian telur dapat menyebabkan kolesterol.



Satu kuning telur ayam memang mengandung 185 mg kolesterol, namun tidak demikian pada bagian putih telurnya. Tidak ada kandungan kolesterol pada putih telur.

Walaupun demikian, bukan berarti Anda melupakan mengonsumsi telur. Karena telur ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan Anda, seperti berikut ini:

1. Menyehatkan Jantung

Mengonsumsi telur secara bijak ternyata dapat menyehatkan jantung Anda. Kandungan asam lemak omega-3 dalam telur merupakan kandungan asam lemak jenuh yang baik bagi kesehatan jantung. Telur yang mengandung omega-3 bisa menekan gangguan kesehatan jantung dan pembuluh darah.

2. Mengencangkan Kulit

Telur merupakan salah satu sumber protein yang baik. Setiap harinya manusia membutuhkan 45 gram protein. Satu butir telur yang berukuran sedang dapat memenuhi kebutuhan protein Anda sebanyak 8 gram. Protein yang ada dalam telur ini ternyata juga mampu membuat kulit tetap kencang, halus, dan awet muda.

3. Menyehatkan Mata

Perlu diketahui bahwa kuning telur tak hanya mengandung kolesterol saja. Kuning telur juga mengandung lutein yang baik untuk mata. Mengonsumsi telur sangat baik bagi Anda yang setiap harinya harus bekerja di depan layar komputer.

4. Meningkatkan Kinerja Otak

Sebanyak 50 gram telur ayam ternyata mengandung 26,5 persen choline yakni zat yang sangat berpengaruh dalam meningkatkan kinerja otak. Oleh karena itu, sarapan dengan telur sangat baik untuk meningkatkan kinerja Anda.

Senyawa choline ini terkandung dalam kuning telur. Konsumsilah kuning telur sesuai batas yang dianjurkan agar Anda dapat memperoleh manfaatnya dan dapat terhindar dari kolesterol tinggi.

Baca Juga:  Manfaat Super Bawang Merah

Sumber: vemale.com