Telur Ayam yang Berharga Lebih Mahal Lebih Bergizi?

DokterSehat.Com– Jika kita cermati, terdapat beberapa jenis harga telur yang tersedia di supermarket. Cukup banyak orang yang berpikir jika telur yang memiliki label harga lebih mahal memiliki kandungan gizi yang lebih baik mengingat dalam kemasannya juga tertera kandungan gizi layaknya asam lemak omega 3. Selain itu, ada pula tulisan organic atau bebas dari bakteri salmonella pada telur tersebut. Sebenarnya, apakah telur dengan harga yang lebih mahal memang lebih bergizi?

doktersehat-telur

Pakar kesehtan Caroline passerrello, MS, RDN, LDN, yang berasal dari American Academy of Nutrition and Diettetics menyebutkan bahwa perbedaan harga telur ini ternyata ditentukan oleh proses perawatan ayam petelur yang berbeda-beda. Sebagai contoh, telur ayam yang dijual dengan harga lebih mahal di supermarket dan dibungkus dengan kemasan yang baik biasanya didapatkan dari peternakan yang berkualitas baik, memiliki kandang yang luas, terkena sinar matahari, hingga memungkinkan ayam bergerak bebas. Biasanya, peternakan jenis ini membutuhkan biaya lebih banyak sehingga tentu akan menjual harga telurnya jauh lebih mahal. Hal ini tentu kontras dengan peternak ayam telur yang memiliki kandang yang cenderung sempit sehingga ayam-ayam ini cenderung tidak bisa bergerak bebas dan tidak terkena sinar matahari yang memiliki biaya perawatan lebih murah.

Telur yang memiliki label organic juga didapatkan dari ayam yang hanya mengkonsumsi makanan organic dan tidak mendapatkan obat antibiotik apapun sehingga telur yang diproduksi tentu saja terbebas dari bahan kimia. Hanya saja, merawat ayam dengan cara ini jelas biayanya akan jauh lebih mahal.

Untuk masalah kadar gizi, Caroline menyebutkan bahwa telur-telur ini sebenarnya tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Hal ini berarti, baik itu telur yang murah atau telur yang mahal sama-sama bergizi. Beliau menyebutkan bahwa telur dengan label memiliki kandungan asam lemak omega 3 hanyalah disebabkan oleh pakan ternak berupa biji rami yang dikonsumsi oleh ayam yang menghasilkannya yang tentu berbiaya mahal.

Baca Juga:  Apakah Cangkang Telur yang Berbintik Menandakan Adanya Paparan Bakteri?

Jadi, tak usah bingung untuk membeli telur yang mana di supermarket.