Telinga Yang Berdengung

DokterSehat.Com – Telinga yang berdengung kerap kali dikaitkan dengan sebuah pertanda yang diberikan oleh sang Pencipta sehingga kita harus waspada. Mitos masyarakat ini bisa jadi benar adanya, namun, secara medis, telinga yang berdengung disebut sebagai kondisi tinnitus yang berarti telinga mendengarkan suara-suara yang tidak normal dan bukan berasal dari lingkungan sekitar melainkan dari dalam telinga sendiri. Beberapa suara layaknya dengungan, siulan, atau bahkan layaknya putaran mesin yang sanagt berisik bisa terdengar dari telinga. Suara berdengung biasanya tidak begitu mengganggu pendengaran, namun, suara yang mirip seperti putaran mesin biasanya bisa membuat masalah tidur dan gangguan konsentrasi.

ktersehat-gangguan-pendengaran

Sering kali suara dengungan pada telinga ini muncul pada tempat yang hening dimana telinga akan cenderung sensitif dan memiliki masalah pada semua bagian telinga, baik itu luar, dalam, atau bahkan pada bagian tengah. Dalam beberapa kasus, suara dengungan ini juga terjadi oleh penerjemahan otak pada sinyal suara yang ditangkap oleh telinga. Banyak sekali penyebab dari suara dengungan pada telinga ini.

Jika kita mendengarkan suara yang terlalu keras layaknya saat diadakan konser atau hajatan di dekat rumah, telinga bisa mengalami tinnitus dalam jangka waktu yang lama. Disamping itu, dengungan di telinga juga bisa terjadi karena kontraksi otot, saraf, atau bahkan pembuluh darah di sekitar telinga karena gerakan yang tiba-tiba. Disamping itu, kondisi telinga yang terkena infeksi dan juga memiliki banyak kotoran bisa membuat gendang telinga teriritasi dan mendengung. Disamping penyebab yang cenderung ringan, dengungan pada telinga juga bisa disebabkan oleh tekanan darah yang tinggi yang memicu pembuluh darah di dekat bagian tengah telinga menyebabkan dengungan. Selain itu, penyakit meniere atau adanya tumor di sekitar telinga dan otak juga bisa menjadi penyebab masalah tinnitus.

Baca Juga:  Perut Bergelambir Bisa Diatasi Dengan Minuman-Minuman Berikut

Jika dengungan terjadi dalam jangka waktu yang lama, ada baiknya kita memeriksakan ini ke dokter THT agar mendapatkan penanganan yang tepat. Biasanya, tes pendengaran dan pemeriksaan dengan alat layaknya otoacoustic emmision bisa memberikan jawaban mengapa telinga bisa berdengung dalam waktu yang lama.