Telinga sakit Setelah Berenang

DokterSehat.Com – Berenang adalah olahraga yang menyenangkan sekaligus menyehatkan. Melakukan olahraga ini tetap tidak akan menghindarkan kita dari cedera yang mungkin muncul setelah berenang lho. Nah, salah satu contohnya adalah sakit telinga.



Penyakit ini terbagi menjadi sakit telinga dalam dan sakit telinga luar di mana bakteri atau jamur masuk memenuhi telinga Anda. Pada kasus sakit telinga dalam, air masuk ke dalam dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Di dalamnya bakteri atau jamur dengan bebas berkembang biak dan menimbulkan rasa sakit.

Sedangkan pada sakit telinga luar air yang mengandung bakteri akan merusak kulit di saluran telinga. Penyakit ini juga biasa disebut dengan swimmer’s ear. Anda harus waspada karena air tempat dimana Anda berenang mulai dari kamar mandi, kolam renang, danau sampai air laut bisa mengandung bakteri yang dapat merusak saluran telinga Anda.

Gejala yang paling jelas adalah, tentu saja, nyeri di telinga Anda ketika Anda menyentuhnya atau bahkan ketika Anda mengunyah atau menguap. Dalam kebanyakan kasus nyeri telinga ditandai oleh sensasi gatal yang dimulai sebelum sakit yang sebenarnya setelah itu. Pembengkakan dan kemerahan dari telinga eksternal juga umum. Dalam beberapa kasus kelenjar getah bening di sekitar telinga bisa membesar. Jika saluran telinga membengkak maka biasanya akan disertai dengan nanah keluar dari telinga. Orang yang sakit telinga akan sering menderita kehilangan pendengaran yang bersifat sementara dan bahkan demam sesekali.

Pengobatan

Jika Anda merasakan rasa sakit telinga maka Anda bisa berkonsultasi dengan dokter dan Anda akan mendapatkan resep untuk obat tetes telinga. Meskipun ada banyak jenis obat tetes telinga, sebagian besar dapat bekerja karena mengandung antibiotik atau kortikosteroid.

Baca Juga:  Hati-hati Mencabut Bulu Hidung Ini Bahayanya

Cara menggunakan obat ini adalah dengan meneteskan obat tersebut pada saluran telinga Anda beberapa kali sehari. Jumlah tetesan yang diperlukan dan frekuensi penggunaan berbeda dari setiap obat, tetapi biasanya 5 sampai 10 tetes sudah cukup dan prosesnya harus diulang 2 sampai 4 kali sehari selama sekitar 10 menit. Lakukan ini sekitar seminggu untuk menyingkirkan rasa sakit pada telinga.

Jika Anda gemar berenang, pastikan untuk menjaga telinga Anda sebersih mungkin. Gunakan cuka atau tetes telinga setelah Anda berenang bahkan jika Anda tidak merasa kemasukan air. Lebih baik berjaga-jaga sebelum Anda mengalami hari-hari yang tidak menyenangkan jika sakit telinga terjadi.