Telinga Berdengung Saat Hamil

DokterSehat.Com – Initus adalah telinga berdering, berdesir, atau jenis suara yang seperti berasal di telinga atau kepala. Hampir setiap orang pernah mengalami kondisi seperti ini dan jika terlalu sering atau dalam jangka yang lama, hal ini tentu sangat mengganggu.



Tinnitus terjadi, seringkali karena ada efek yang muncul di telinga bagian dalam. Tinnitus sering terjadi pada orang yang sudah berumur, misalnya karena mereka mengalami kerusakan mekanisme telinga di bagian dalam akibat suara yang terlalu kencang dan frekuensinya sering sehingga menyebabkan telinga berdengung. Hal semacam ini bisa terjadi ketika masa kehamilan juga.

Telinga berdengung saat hamil mungkin disebabkan oleh perubahan hormon yang sedang dialami. Hal ini menyebabkan Tinnitus sementara dan jika Anda punya sinus atau infeksi telinga, itu juga bisa menyebabkan Tinnitus sementara. Satu hal yang harus diperhatikan jika mengalami kondisi Tinnitus adalah jangan menjadi kesal atau marah karena hal tersebut karena emosi hanya akan memperparah kondisi tersebut.

Keadaan emosi yang berubah pada orang hamil dan baru melahirkan sangat wajar. Akibat kurang tidur, kekhawatiran akan kesehatan bayi yang baru lahir, dan banyak hal lainnya menjadi perhatian wanita hamil dan mereka yang baru menjadi seorang Ibu. Ada kondisi dimana bagian tengah telinga yang disebut Otosclerosis menjadi lebih aktif sepanjang masa kehamilan. Hal ini membuat kondisi Tinnitus menjadi lebih buruk.

Telinga berdengung saat hamil bisa jadi diakibatkan oleh kehamilan itu sendiri. Kondisi ini akan menghilang sendiri ketika Anda sudah melahirkan dan memiliki seorang bayi lucu. Setelah melahirkan, obat herbal seperti Ginko Biloba menunjukkan bahwa tanaman ini bisa meredakan gejala Tinnitus pada wanita hamil. Tetapi tidak semua wanita hamil mengalami kondisi telinga berdengung. Beberapa dari mereka bahkan tidak mempedulikan kondisi seperti itu karena hanya memikirkan kesehatan calon bayinya. Yang terpenting adalah bayi bisa lahir dengan selamat dan sehat.