Telinga Berdenging Menandakan Hal Ini

doktersehat-telinga-masuk-air-gatal-jerawat

DokterSehat.Com– Kita tentu pernah mengalami kondisi dimana telinga berdenging. Ada yang mengaitkan hal ini dengan hal yang mistis. Namun, menurut pakar kesehatan, kondisi ini disebut sebagai tinnitus yang bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal usia dan jenis kelamin. Jika kita kerap mengalami telinga berdenging, maka hal ini menandakan berbagai hal yang patut diwaspadai seperti sebagai berikut.

Tidak tahan mendengar suara tertentu
Penyebab paling sering dari munculnya suara berdenging di telinga adalah suara yang sangat keras atau yang membuat pendengaran kita tidak nyaman. Sebagai contoh, jika kita berada di dalam konser musik dan dekat dengan posisi speaker, maka telinga kita akan mudah berdenging. Segeralah menggunakan penyumbat telinga atau menyingkir dari sumber suara yang keras ini demi menghentikan tinnitus ini.

Telinga perlu dibersihkan
Kotoran telinga yang menumpuk dan sudah lama tidak dibersihkan juga bisa menyebabkan tlinga berdenging. Kotoran ini akan mengganggu fungsi pendengaran sehingga sebaiknya segera kita bersihkan.

Periksakan ke dokter gigi
Jika tulang rahang yang terkait dengan tulang terkorak mengalami gangguan, maka hal ini juga bisa memicu masalah telinga berdenging.

Mengkonsumsi obat dengan dosis tinggi
Jika kita mengkonsumsi beberapa jenis obat tertentu dengan dosis yang tinggi, maka kita akan lebih beresiko terkena masalah telinga berdenging. Sebagai contoh, beberapa jenis antibiotik, anti depresan, atau aspirin bisa menyebabkan masalah ini. Kurangi dosis atau frekuensi mengkonsumsi obat-obatan tersebut untuk mengatasi masalah pendengaran ini.

Tubuh sedang stress
Jika kita sedang mengalami stress, maka kita akan cenderung mudah terkena masalah telinga berdenging. Cobalah untuk melakukan relaksasi sebaik mungkin demi mengatasi masalah ini.

Jadi, bukannya terkait dengan hal-hal yang bersifat mistis, telinga berdenging ternyata dipicu oleh adanya kondisi kesehatan tertentu yang sebaiknya patut untuk kita waspadai.