Teknik Pernafasan Yoga Sangat Direkomendasikan Untuk Melawan Peradangan

DokterSehat.Com – Yoga seringkali dianggap sebagai salah satu jenis olahraga yang akan sangat baik dalam mengatasi stres. Padahal, dalam realitanya, yoga bisa memberikan kebaikan bagi kesehatan fisik layaknya dalam hal menurunkan tekanan darah hingga membuat tingkat kekebalan tubuh menjadi lebih kuat. Sebuah penelitian terbaru yang hasilnya dipublikasikan dalam BMC Complementary and Alternative Medicine bahkan menyebutkan jika yoga akan sangat baik dalam menurunkan peradangan yang berkaitan erat dengan kondisi stres dalam tubuh.

doktersehat-yoga-meditasi-atasi-stres

Pakar kesehatan sangat merekomendasikan kita untuk melakukan teknik pernafasan yoga setidaknya selama 20 menit untuk membuat kadar stres dalam tubuh menurun dengan signifikan. Rekomendasi ini didasarkan pada hasil penelitian yang melibatkan para relawan yang sebagian diantaranya diminta untuk membaca teks selama 20 menit dan sebagian lainnya diminta untuk melakukan teknik pernafasan yoga selama 10 menit dengan cara melakukan nyanyian Ohm dan 10 menit bernafas dengan irama yang telah ditentukan. Sebagai informasi, Ohm adalah salah satu teknik bernafas berirama yang sangat sederhana dimana kita bisa melakukannya dengan hitungan dua ketukan untuk mengambil nafas, kemudian kita menahan nafas selama delapan ketukan, dan kemudian kita menghembuskan nafas dalam empat ketukan. Kedua kelompok relawan ini kemudian diteliti tingkat biomolekulnya pada tubuh.

Hasilnya adalah, mereka yang melakukan teknik pernafasan yoga memiliki kadar stres yang jauh lebih rendah dari mereka yang hanya membaca teks. Selain itu, peradangan yang disebabkan oleh stres ini juga berkurang secara signifikan pada mereka yang memakai teknik pernafasan ini.

Kita sendiri bisa melakukan teknik pernafasan yoga secara sederhana di rumah kita  sendiri dengan cara mulai duduk dengan posisi tegak dan membuat bahu menjadi lebih rileks pada matras atau bangku, menutup mata dan mulai memfokuskan diri dengan beranfas, dan mulai mempraktekkan teknik pernafasan Ohm yang telah disebutkan sebelumnya dengan mengulanginya hingga 10 kali. Dengan cara ini, kita akan mendapati tubuh menjadi lebih bugar, segar, dan terbebas dari stres.