Teknik Mengecilkan Payudara Untuk Para Pria

DokterSehat.Com – Pria berpayudara besar kini banyak yang mengalaminya. Kondisi ini tentu bikin percaya diri merosot. Terlebih man boobs sulit dihilangkan hanya dengan olahraga saja, sehingga operasi pengecilan payudara pun ditempuh.



dr Enrina Diah, SpBP-RE (KKF) menjelaskan genetika dan hormonal menjadi penyebab payudara pria membesar. Penggunaan obat-obat tertentu dan kondisi penyakit tertentu juga bisa menimbulkan pembesaran payudara yang dikenal dengan gynaecomastia.

Pada pria pengecilan payudara dilakukan dengan tindakan liposuction dengan teknik ultrasound karena sifat payudara yang keras yang dapat dihancurkan dengan optimal menggunakan ultrasound, jelas dr Enrina dalam perbincangan dengan detikHealth dan ditulis pada Senin (2/11/2015).

Bekas luka sangat minimal seperti gigitan nyamuk, imbuh dr Enrina yang praktik di Ultimo Aesthetics and Dental Center ini.

Kondisi yang bisa membuat para lelaki kehilangan rasa percaya diri ini bukan hal yang langka, diperkirakan bisa ditemukan pada sekitar 30 persen laki-laki. Di Inggris dan Amerika, operasi pengecilan payudara pria menjadi operasi yang populer dan berkembang pesat dalam industri operasi kosmetik.

Bahkan di Inggris, prosedur pengecilan payudara juga dilakukan oleh anak laki-laki. Data resmi dari otoritas kesehatan Inggris menunjukkan sejak 2009-2012 tercatat 17 anak berusia 10 tahun melakukan operasi pengecilan payudara. Angka itu belum mencakup operasi yang dilakukan di rumah sakit atau klinik swasta sehingga angka sebenarnya diyakini lebih besar. Diduga ini terkait dengan kecenderungan obesitas pada anak.

BACA JUGA : Pengobatan azoospermia